Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Mei 2022 10:42 WIB

TRAVEL NEWS

Rest Area 10 Hektar di Banjaratma, Harga Tiket Pesawat Melonjak Drastis

Tim detikcom
detikTravel
Bila mudik lewat Brebes, traveler bakal menemukan rest area unik bekas pabrik gula. Peninggalan sejarah itu disulap jadi rest area dengan fasilitas lengkap dan instagenic.
Foto: Rest Area Banjaratma (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Untuk mencegah kemacetan saat arus mudik, sistem satu arah (one way) diberlakukan. Rest Area ini bisa traveler kunjungi saat lelah menghadapi macet.

Salah satu rest area yang dilewati one way adalah Rest Area KM 260 B Banjaratma di Tol Pejagan-Pemalang. Rest area seluas 10 hektar ini siap menampung pemudik yang lelah saat one way diberlakukan.

detikcom sempat berbincang bersama pengelola rest area tersebut untuk mengetahui fasilitas yang bakal pemudik dapatkan saat mampir ke sana. Direktur Keuangan PT PP Sinergi Banjaratma Allan Nasution memaparkan, tempat parkir hingga toilet sudah disiagakan bila terjadi lonjakan pemudik.

"Kami sudah membuat putaran one way. Kami juga menambah toilet darurat sekitar 50 toilet dan parkiran untuk kapasitas lebih dari 300 mobil," kata Allan.

Dengan tambahan 50 toilet, Rest Area Banjaratma akan mengoperasikan 150 toilet dengan fasilitas mumpuni untuk pemudik. detikcom menengok salah satu toilet dengan kategori VIP yang bersih dan klosetnya dilengkapi teknologi canggih bak di hotel.

Di samping itu, Rest Area Banjaratma juga bekerjasama dengan bengkel mobil yakni Toyota, Mitsubishi, dan Wuling. Bengkel ini akan membantu pemudik untuk mengecek dan memperbaiki kondisi kendaraan mereka agar dapat melanjutkan perjalanan mudik dengan aman.

Kemudian ada pula Posko Pertamina Siaga yang akan menjamin kecukupan bahan bakar pemudik ketika sistem one way diberlakukan. Jika ingin menarik uang tunai, disediakan pula ATM dan bagi yang ingin menukarkan uang untuk Lebaran, rest area ini juga bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk menyediakannya.

Rest Area Banjaratma juga memiliki ruang medis bagi pemudik yang sakit. Bila badan pegal-pegal juga dapat memanfaatkan fasilitas kursi pijat di sana.

Tak lupa, Rest Area Banjaratma menyediakan 192 tenant yang menjual minuman, makanan, dan oleh-oleh khas Brebes. Untuk yang ingin menjalankan ibadah salat juga dapat memanfaatkan Masjid As Safar.

Allan mengimbau, para pemudik dapat memanfaatkan dan mengikuti aturan di rest area dengan baik, termasuk soal durasi maksimal 30 menit untuk berada di sana.

"Ikuti alurnya karena rest area kita luas. Jagalah kebersihan dan khusus untuk toilet cari yang kosong, jangan menumpuk di satu lokasi. Moga-moga yang mengunjungi Rest Area Banjaratma bisa merasa aman dan nyaman," pungkasnya.

Di samping itu, ada pula berita mengenai tarif tiket pesawat yang melonjak drastis. Dari Jakarta ke Balikpapan saja harganya setara seperti ke New York, yaitu mencapai Rp 11.190.000 untuk pulang pergi menjelang lebaran.

Berikut Berita detik Travel terpopuler Sabtu (30/4/2022) Lengkapnya:



Simak Video "Contraflow Dicabut, Kepadatan di KM 47 Tol Japek Mulai Terurai"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA