Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 02 Mei 2022 18:56 WIB

TRAVEL NEWS

Beda Sehari, Lebaran di Singapura Baru Besok

bonauli
detikTravel
Patung Merlion di Deli Serdang, Medan.
Merlion Singapura (citralandgamacityofficial/Instagram)
Singapura -

Umat Muslim dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri pada hari Senin (2/5) ini. Namun Singapura beda, lebarannya baru besok.

Ulama di Singapura mengumumkan lebaran atau Hari Raya 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Selasa (3/5). Menurut pernyataan resmi mufti Singapura, bulan sabit belum terlihat pada hari ke-29 Ramadan di negara Asia Tenggara itu.

"Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama Syawal tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Selasa, 3 Mei," jelas pernyataan resmi itu pada Senin (2/5) pagi dikutip Channel News Asia.

Untuk menentukan 1 Syawal, Kantor Mufti bersama para ahli berusaha memantau "secara jelas" bulan sabit. Namun, mereka tak melihat bulan itu. Selain itu, mereka juga melaporkan bahwa ufuk barat mendung disertai awan selama pemantauan hilal.

"Ini berarti esok adalah hari pencukup bulan Ramadan 30 hari dan awal bulan Syawal tahun 1443 H iaitu Hari Raya Aidilfitri jatuh pada lusa, Selasa bersamaan 3 Mei 2022," tulis Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS).

Pejabat Mufti Singapura juga memberi penjelasan mengapa Idul Fitri dirayakan 3 Mei. Penetapan Ramadan dan Syawal, katanya, mengikuti panduan dari Nabi Muhammad.

Pejabat Mufti mengutip hadis yang menjelaskan soal kewajiban untuk berpuasa hingga melihat anak bulan atau hilal. Mufti juga menjelaskan metode yang digunakan untuk menentukan Idul Fitri di Singapura.

"Berdasarkan panduan Nabi SAW, ulama hari ini menggunakan dua kaedah utama, iaitu hisab (perkiraan mengikut ilmu falak) dan rukyah (pencerapan anak bulan) untuk memastikan jika anak bulan dapat dilihat ataupun tidak," ucap Pejabat Mufti dalam penjelasannya.



Simak Video "Singapura Rajai Investasi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA