Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mei 2022 19:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tingkat Hunian Hotel di Puncak 2 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Kawasan Puncak, Bogor saat lebaran
Kawasan Puncak saat lebaran (Mochammad Sholihin/detikcom)
Puncak -

Tingkat keterisian hotel di kawasan Puncak, Bogor naik hingga 80 persen selama libur lebaran. Tren peningkatan hunian hotel sudah terjadi sejak hari Lebaran dan naik 100 persen dibanding tahun lalu.

"Peningkatan jelas ada ya, kalau dibanding tahun lalu ada 100 persen peningkatannya. Karena tahun lalu kan kita masih kena pengaruh aturan PPKM, (okupansi hotel) hanya 40 persen tahun lalu, kalau sekarang kalau kita hitung rata-rata 80 persen (okupansi hotel), berarti kan peningkatan 100 persen," kata Wakil Kepala PHRI Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Jum'at (6/6/2022).

"Diambil rata-rata 80 persen, karena kan ada hotel yang tingkat huniannya 60 persen, 80 persen ada juga yang full mungkin ada. Biasanya hotel-hotel besar yang punya fasilitas hotel lebih bagus biasanya sampai 100 persen (okupansinya)," dia menambahkan.

Boboy menyebut tingkat hunian hotel di kawasan Puncak sudah terjadi sejak hari pertama lebaran. Kondisi ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Peningkatan sudah dimulai dari hari pertama lebaran, biasanya kan kalau hari pertama itu jarang orang nginap di hotel, tapi tahun ini lumayan hebat ya, hari pertama sudah ada yang isi, menginap," kata Boboy.

Tamu hotel di kawasan Puncak, kata Boboy, biasanya menginap dalam waktu lama. Lainnya, menginap karena punya tujuan wisata di kawasan Puncak.

"Mereka yang menginap di hotel besar biasanya untuk staycation, bisa sampai 2-3 hari menginap. Kalau hotel-hotel kecil ada yang staycation ada juga yang punya tujuan wisata," kata Boboy.

Pelonggaran aturan PPKM dan situasi pandemi yang cukup terkendali, kata Boboy, sangat mempengaruhi tingkat hunian hotel sekaligus berdampak positif bagi karyawan.

"Karena sekarang kan hunian ramai, hotel beroperasi setiap hari, keterisiannya juga meningkat, artinya untuk karyawan ada kejelasan waktu kerja. Dulu ketika pandemi sedang parah, sebulan mereka kerja hanya 10 hari, sekarang bisa full sebulan, penghasilan juga bertambah kan," ujar Boboy.



Simak Video "Malam Minggu, Arus Lalin Jalur Puncak Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA