Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Mei 2022 10:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Ingin Ada Kapal Pesiar Singapura ke Mandalika cs

Kapar pesiar Royal Caribbean mengumumkan akan berlayar pertama kali sejak pandemi virus Corona di Singapura. Mereka telah mendapatkan izin dari pemerintah.
Ilustrasi kapal pesiar. Sandiaga ingin ada kapal pesiar Singapura berlayar ke destinasi prioritas seperti Mandalika dan lainnya (Foto: Getty Images/Matt Cardy)
Singapura -

Wisata kapal pesiar tengah kembali bangkit usai dihajar pandemi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan sektor pengembangan wisata kapal pesiar ke sejumlah destinasi wisata prioritas di Indonesia dengan Singapura.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat mengadakan pertemuan dengan Minister of Trade and Industry Singapore, Gan Kim Yong dan CEO Singapore Tourism Board, Keith Tan, Senin (9/5/2022) pagi. Pertemuan sarapan pagi ini juga dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo.

"Terima kasih atas keramahtamahannya. Kita amat menanti pemulihan bersama dan pemulihan lebih kuat khususnya dalam pariwisata dan ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno saat mengadakan pertemuan dengan Minister of Trade and Industry Singapore, Gan Kim Yong dan CEO Singapore Tourism Board, Keith Tan, Senin (9/5/2022) pagi.Sandiaga Uno saat mengadakan pertemuan dengan Minister of Trade and Industry Singapore, Gan Kim Yong dan CEO Singapore Tourism Board, Keith Tan, Senin (9/5/2022) pagi. Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Uno menyebutkan dirinya melihat ada potensi wisata kapal pesiar yang sedang berkembang di Singapura bisa terhubung dengan pengembangan di berbagai sektor pariwisata.

"Bisnis kapal pesiar tentunya harus memiliki sejumlah konektivitas dengan berbagai obyek pariwisata. Kami melihat ada kecocokan dengan Singapura dalam investasi infrastruktur maupun pertumbuhan perjalanan perjalanan kapal pesiar ke sejumlah obyek wisata seperti di Bali, Semarang, Batam, Labuan Bajo, Belitung, Mandalika, Medan," terang Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga turut memaparkan terkait ekonomi kreatif masyarakat lokal dan saat ini sudah ada enam Politeknik di bawah naungan Kemenparekraf RI untuk mencetak SDM unggul dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Minister of Trade & Industry Singapore, Gan Kim Yong melihat Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat potensial dalam bisnis pengembangan pariwisata kapal pesiar.

Bahkan sejumlah pulau terkecil di Indonesia dapat menerima kedatangan kapal pesiar dengan kapasitas 6 ribu orang.

"Terima kasih banyak, Kami harap anda akan kembali ke Singapura mengunjungi kami. Kami akan mempersiapkan lebih baik agar strategi yang kami lakukan bisa lebih dipahami," kata Gan Kim Yong.

Ia melihat ada sejumlah peluang kerjasama yang bisa dijajaki dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Singapura dalam pengembangan Parekraf.

"Dan banyak peluang yang dapat dicapai bersama untuk mencapai win-win outcome baik untuk sektor pengembang pariwisata dan ekonomi kreatif," tuturnya.

Sementara itu, CEO Singapore Tourism Board, Keith Tan menyebutkan kerjasama dengan Indonesia juga dapat dikembangkan dalam cyber security dan pembayaran digital.

Dalam event Asian Tech Singapore (Version of London Tech Week) pihaknya akan mengundang Indonesia sebagai salah satu pembicara karena memiliki pengalaman baik dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Memperluas jangkauan dan mengembangkan sektor pariwisata dengan sangat fokus yang saat ini terlihat. Ada berbagai potensi bisa kita bicarakan," kata Keith Tan.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Uno Temui Menlu Singapura, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA