Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mei 2022 12:27 WIB

TRAVEL NEWS

Terbang ke AS, Jokowi Pakai Pesawat Carter Garuda

Tim detikcom
detikTravel
Presiden Jokowi
Penerbangan menuju Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan pesawat  jenis Boeing B777-300ER Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS. Namun pesawat yang digunakan Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke AS bukanlah pesawat kepresidenan melainkan pesawat carter Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER.

"Perjalanan sangat jauh jika pakai pesawat presiden bisa 2 kali transit. Pesawat presiden hanya muat 48 orang, tim ada 62 orang. Dan jarak sangat jauh," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Heru sekaligus mengonfirmasi bahwa pesawat carter ini adalah pesawat yang digunakan Jokowi saat bertolak ke Roma, Italia, Skotlandia, dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu.

"Semua menteri yang ikut bisa satu pesawat. Tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu, sehingga lebih efisien," kata Heru.

Adapun jajaran menteri yang ikut dalam rombongan Jokowi antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahaladia, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Dengan menggunakan pesawat berbadan lebar ini, perjalanan menuju Roma selama 13 jam ini bisa dilakukan langsung tanpa perlu transit. Bila kita menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ, kita harus transit. Dan ingat, ini adalah kunjungan kerja pertama Bapak Presiden ke luar negeri di masa pandemi, kami harus sangat berhati-hati dalam menjalankan protokol kesehatan, termasuk pertemuan tatap muka di saat transit," ucap Heru.



Simak Video "Ramai Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Telan Biaya Hingga Miliaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA