Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 11 Mei 2022 11:14 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Casu Marzu, Keju Paling Berbahaya di Dunia

Keju casu marzu
Keju casu marzu Italia (Foto: CNN)
Jakarta -

Para penggembala di pulau terkenal Italia inilah yang menghasilkan casu marzu. Itu adalah keju paling berbahaya di dunia.

Melansir CNN, Rabu (11/5/2022), keju casu marzu dipenuhi belatung. Pada tahun 2009, Guinness World Record memproklamirkannya sebagai keju paling berbahaya di dunia.

Keju casu marzu dibikin di Pulau Sardinia, Italia yang terletak di tengah Laut Tyrrhenian. Garis pantai pasir putihnya sepanjang 1.849 kilometer dengan perairan zamrud.

Lalat piophila casei bertelur di celah-celah yang terbentuk dalam keju, biasanya keju bernama fiore sardo, pecorino asin di pulau itu.

Belatung menetas, melewati pasta, mencerna protein dan mengubah produk menjadi keju krim yang lembut. Kemudian penjual keju membuka bagian atasnya yang hampir tidak tersentuh belatung untuk menyendok krimnya.

Keju casu marzuKeju casu marzu Italia (Foto: CNN)

Keju casu marzu bukanlah untuk orang yang lemah hati. Pada titik ini, belatung di dalam mulai menggeliat dengan panik.

Beberapa penduduk setempat memutar keju melalui centrifuge untuk menggabungkan belatung dengan keju. Orang yang menyukainya akan membuka mulut dan memakan semuanya.

Jika Anda mampu mengatasi rasa jijik, marzu memiliki rasa yang intens, pedas dengan rasa yang bertahan selama berjam-jam. Ada yang bilang itu afrodisiak.

Yang lain mengatakan bahwa itu bisa berbahaya bagi kesehatan manusia karena belatung dapat bertahan dari gigitan dan menyebabkan myiasis, perforasi mikro di usus. Tetapi sejauh ini, tidak ada kasus seperti itu yang dikaitkan dengan casu marzu.

Keju tersebut dilarang untuk dijual secara komersial, tetapi orang Sardinia telah memakannya, termasuk belatung, selama berabad-abad.

Keju casu marzuKeju casu marzu Italia (Foto: CNN)

Dia mengatakan beberapa orang Sardinia merasa ngeri memikirkan casu marzu. Yang lain dibesarkan dengan keju pecorino asin seumur hidup karena menyukai rasanya yang kuat.

Ketika turis mengunjungi Sardinia, mereka biasanya berakhir di restoran yang menyajikan porceddu sardo, anak babi panggang yang dipanggang perlahan, ke pembuat roti yang menjual pane carasau, roti pipih tipis kertas tradisional, dan bertemu dengan gembala yang memproduksi fiore sardo, keju pulau pecorino.

Namun, jika Anda cukup berjiwa petualang, Anda dapat menemukan casu marzu. Seharusnya tidak dilihat sebagai daya tarik yang aneh, tetapi produk yang mempertahankan tradisi kuno dan mengisyaratkan seperti apa masa depan makanan.



Simak Video "Masak Masak: Tomat Keju Menu Sarapan ala Bule"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA