Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mei 2022 22:18 WIB

TRAVEL NEWS

Keren, Jepang Uji Coba Kereta Otomatis

Putu Intan
detikTravel
A man wearing a protective mask to help curb the spread of the coronavirus stands at a train station platform Tuesday, May 10, 2022, in Tokyo.   (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penumpang menunggu kereta di Rute Yamanote. Foto: AP/Eugene Hoshiko
Jakarta -

Soal teknologi, Jepang memang jagonya. Kali ini mereka menguji coba kereta otomatis di jalur terpadat di Jepang.

Perusahaan kereta Jepang, East Japaan Railway Co (JR East) mengatakan pihaknya akan melakukan uji coba kereta otomatis bersama dengan penumpangnya di jalur Yamanote Tokyo. Uji coba dimulai sekitar Oktober selama dua bulan.

Dilansir dari Japan Today, JR East sendiri sebenarnya sudah melakukan uji coba kereta otomatis ini sejak 2018. Namun untuk Yamanote, ini baru pertama kali.

Jika uji coba lancar, kereta otomatis ini bakal mulai benar-benar dioperasikan pada 2028. Tujuan Jepang membuat kereta otomatis adalah untuk mengantisipasi kekurangan masinis di masa depan. Ini terkait pula dengan populasi negara itu yang kian menyusut.

Sistem operasi kereta otomatis ini memungkinkan masinis untuk hanya menekan tombol lalu kereta akan bergerak sendiri. Ketika sudah mendekati stasiun, kereta juga akan melambat secara otomatis. Masinis baru akan mengoperasikan kereta secara manual dalam keadaan darurat.

Dengan sistem ini, Jepang ingin kereta dapat lebih hemat energi. Selain itu, nantinya masinis juga tak perlu mendapatkan akreditasi pengemudi. Tugas mereka akan dititikberatkan pada layanan pelanggan dan pelatihan.

Saat uji coba kereta otomatis, dilakukan pengumpulan data pada berbagai waktu dan dalam kondisi cuaca yang beragam. Kereta akan digerakkan selama seribu putaran dari rute melingkar yang menghubungkan pusat Kota Tokyo.

Pengembangan sistem ini diharapkan mencapai tahap akhir setelah tes berakhir. Lalu gerbong juga akan ditingkatkan agar siap digunakan pada 2028.

Saat ini, layanan kereta lokal di Jalur Joban, baik di dalam dan sekitar Tokyo menjadi kereta pertama yang menggunakan sistem otomatis. Kereta itu beroperasi mulai 2021.



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Spesialis Pencuri Rel Kereta Api di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA