Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Mei 2022 12:36 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Kode 4 Huruf yang Tidak Ingin Tertulis di Boarding Pass

Kode SSSS di Boarding Pass
Foto: Kode SSSS di boarding pass (dok. Wikimedia Comm)
Jakarta -

Saat terbang ke Amerika Serikat, traveler pasti tidak akan ingin kode 4 huruf ini tertera di boarding pass Anda: SSSS. Apa alasannya? Simak penjelasan berikut:

SSSS, kode 4 huruf S kapital ini sangat dihindari oleh traveler yang akan terbang ke Amerika Serikat. Kode tersebut biasanya akan tercetak di boarding pass. Apa sih artinya?

SSSS adalah singkatan dari Secondary Security Screening Selection. Jika diterjemahkan kurang lebih berarti Seleksi Pemeriksaan Keamanan Sekunder.

Kode SSSS itu cukup lazim diberikan untuk penumpang dari penerbangan internasional yang masuk ke wilayah Amerika Serikat. Kode SSSS itu pertama kali diperkenalkan oleh Transport Security Administration (TSA) setelah teror 9/11 terjadi.

Traveler yang boarding pass-nya tertulis kodeSSSS ini siap-siap saja untuk menjalani pemeriksaan keamanan tambahan oleh petugas TSA setibanya di bandara manapun di negeri Paman Sam.

Stewart Jackson, salah seorang traveler dari London, Inggris pernah merasakan pengalaman mendapat kode SSSS di boarding pass-nya. Stewart terpilih secara acak untuk diperiksa lebih ketat oleh petugas keamanan dalam penerbangannya ke New York baru-baru ini.

Stewart baru menyadari ada kode SSSS tertera di boarding pass-nya begitu sampai di bandara. Stewart lalu dibawa keluar dari antrean penumpang oleh petugas untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Stewart digeledah secara mendetail, disuruh melewati metal detector sampai dua kali, lalu diwawancarai secara detail mengenai rencana perjalanannya di Amerika Serikat.

"Jantung saya berdegup kencang. Petugas menjelaskan, bahwa saya terpilih untuk menjalani pemeriksaan ekstra," kata Jackson seperti dikutip dari The Sun, Jumat (13/5/2022).

Kode SSSS ini biasanya diberikan kepada penumpang secara acak. Namun ada juga yang menyebut, kode SSSS ini diberikan untuk penumpang yang terlihat mencurigakan.

Seperti contohnya penumpang yang membeli tiket pesawat menggunakan uang cash, atau penumpang yang hanya membeli tiket pesawat ke Amerika Serikat untuk sekali jalan saja, bukan tiket pulang-pergi.

Kode SSSS itu bisa juga diberikan untuk penumpang pesawat yang berasal dari negara yang dianggap 'berbahaya' oleh Amerika Serikat. Atau bisa juga karena nama traveler mirip dengan nama orang yang ada di dalam daftar blacklist yang dimiliki oleh Amerika Serikat.



Simak Video "Sederet Etik yang Dilanggar Ferdy Sambo Hingga Berujung Pemecatan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA