Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mei 2022 21:09 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Rp 6,2 T Milik Pengusaha Muslim Rusia Resmi Disita AS

Kapal superyacht milik Suleyman Kerimov
Foto: Kapal superyacht Amadea (dok.Istimewa)
Suva -

Kapal superyacht seharga US$ 430 Juta (setara Rp 6,2 Triliun) milik pengusaha muslim Rusia Suleiman Kerimov resmi disita AS. Kapal itu disita saat bersandar di Fiji.

Kapal tersebut diketahui bernama Amadea. Kapal superyacht itu dipercaya milik Suleiman Kerimov, pengusaha asal Rusia yang memeluk agama Islam. Kapal itu disita AS dengan bantuan dari agen FBI dan petugas US Marshals Service pekan lalu.

Sebelum dilakukan penyitaan, para petugas terlebih dulu mengajukan surat izin penyitaan kepada otoritas setempat. Pemerintah Fiji akhirnya mengesahkan surat perintah penyitaan itu untuk dieksekusi.

"Penegak hukum Fiji dengan dukungan dari FBI, telah menegakkan permintaan hukum dari Departemen Kehakiman AS," ujar pihak Departemen Kehakiman AS, seperti dikutip dari AP, Kamis (12/5/2022).

"Penyitaan terhadap kapal mewah itu seharusnya memberi pesan kepada oligarki Rusia yang korup, bahwa mereka tidak bisa bersembunyi, sekalipun di tempat paling terpencil di bumi," imbuh Deputi Jaksa AS, Lisa Monaco.

Seperti diketahui, pemerintah Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada para Crazy Rich Rusia yang dekat dengan pemerintahan oligarki pimpinan Vladimir Putin. Aset-aset mereka dibekukan, bahkan disita.

"Kami akan menggunakan seluruh sumber daya untuk menegakkan sanksi sebagai respon perang Rusia terhadap Ukraina," imbuh Monaco.

Suleiman Kerimov termasuk dalam daftar Crazy Rich Rusia yang dekat dengan Vladimir Putin. Kekayaan Kerimov ditaksir mencapai US$ 20,7 Miliar atau setara dengan Rp 300 Trliunan.

Namun menurut pengacara, pemilik asli Amadea bukanlah Suleiman Kerimov, melainkan Eduard Khudainatov, salah satu Crazy Rich Rusia lainnya. Khudainatov tidak masuk dalam daftar pengusaha yang dijatuhi sanksi oleh AS.

Namun pihak AS tetap mempercayai bahwa Kerimov lah pemilik asli Amadea. Kerimov dituduh mendapatkan kekayaan dari hasil korupsi dan pencucian uang karena kedekatannya dengan pemerintahan Putin.



Simak Video "Sekuel 'Crazy Rich Asians' Segera Hadir dengan Penulis Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA