Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Mei 2022 15:16 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Pintu Masuk Pesawat Berada di Sebelah Kiri?

Garbarata Pesawat Lion.
Pintu masuk pesawat dari sebelah kiri (Foto: Agung Phambudhy/detikcom)
Jakarta -

Mari kita membahas serba-serbi penerbangan yang mungkin traveler belum tahu. Apakah traveler sadar kalau setiap masuk pesawat harus dari sisi sebelah kiri?

Kenapa demikian? Pasti ada alasannya dong ya. Berikut penjelasan dari Angkasa Pura I.

"Pernahkah #SahabatAP1 menyadari, bahwa posisi pintu pesawat terbang selalu berada di sebelah kiri? Untuk tau jawabannya, kamu bisa simak lebih jelas di post berikut ya!"

Jadi ada dua alasan utama kenapa penumpang selalu masuk dan keluar pesawat dari bagian kiri. Alasan pertama adalah memisahkan aktivitas penumpang dan kru di luar pesawat.

Garbarata adalah jembatan yang berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang untuk memudahkan penumpang masuk ke dalam dan keluar dari pesawat.Garbarata adalah jembatan yang berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang untuk memudahkan penumpang masuk ke dalam dan keluar dari pesawat (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)

"Memisahkan aktivitas penumpang dengan kru di luar pesawat," ujarelas Angkasa Pura I dilihat dari unggahan Instagram resminya, Jumat (13/5/2022).

[Gambas:Instagram]

Seperti diketahui bahwa moda transportasi pesawat sangatlah ketat keamanannya. Penumpang dilarang membawa barang dari luar jika sudah melewati pemeriksaan keamanan kedua.

Pemisahan ini meminimalisir dari hal-hal yang tidak diinginkan lolos begitu saja.

Alasan kedua mengapa penumpang selalu masuk dan keluar pesawat dari sebelah kiri juga hampir serupa alasannya. Kali ini, penumpang dipisahkan dari barang-barang yang berada di bagasi pesawat.

"Memisahkan akses keluar masuk penumpang dan bagasi yang memiliki pintu di bagian kanan pesawat," kata AP I yang membidangi dan mengelola bandara di Jawa Tengah hingga bagian timur Indonesia itu.



Simak Video "Spesifikasi Indonesia One, Pesawat Kepresidenan RI yang Mungil "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA