Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mei 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Pasar Petak Sembilan yang Jadi Ikon Jakbar Akan Direvitalisasi

Di tengah pandemi, denyut ekonomi di Pasar Petak Sembilan perlahan bergerak. Berikut foto-foto suasana terkininya.
Pasar Petak Sembilan bakal direvitalisasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) berencana merevitalisasi Pasar Petak Sembilan di Glodok, Jakarta Barat (Jakbar). Penataan diyakini makin mengangkat kearifan lokal kawasan itu.

Pasar Petak Sembilan bukan sekadar tempat jual beli, tetapi sudah menjadi destinasi wisata. Suasana yang amat khas dan beragam kuliner ditawarkan tempat ini. Pasar Petak Sembilan bahkan menjadi salah satu ikon Jakbar.

Camat Taman Sari, Agus Sulaeman mengatakan rencana revitalisasi itu telah disepakati oleh pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Petak Sembilan. Nantinya, kata dia, penataan pasar bakal mengangkat kearifan lokal dari kawasan Pecinan.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan pedagang untuk mengangkat kearifan lokal dan ikon-ikon yang ada di Pecinan, terus Petak Enam, Gang Gloria, kemudian Petak Sembilan. Rencana memang akan direvitalisasi, ditata supaya jauh lebih baik," kata Agus saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Untuk saat ini, Agus tengah berada di tahap diskusi mendalam bersama pihak terkait, terutama para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan tersebut. Prinsipnya, kata dia, revitalisasi dilakukan supaya kawasan terlihat rapi dan tertata sehingga aktivitas pedagang dan pembeli berjalan aman dan nyaman.

"Tapi konsepnya belum, karena prinsip penataan kan, ini baru dilaporkan ke Pak Wali, harus ada kita minta masukan ke PKL dan segala macam," ujarnya.

Agus juga meyakini revitalisasi Pasar Petak Sembilan dapat menunjang kawasan Pecinan, Taman Sari, yang ditetapkan sebagai desa wisata terbaik di RI. Rencananya, program ini bakal memakai dana CSR.

"APBD kan kita lihat belum ada anggaran nih sekarang, tapi kalau perlu percepatan harus ada kolaborator, CSR. Untuk cair CSR tidak gampang, perlu dukungan seluruh pihak," kata dia.



Simak Video "Suasana Perayaan Imlek di Wihara Dharma Bhakti"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA