Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 28 Mei 2022 10:11 WIB

TRAVEL NEWS

5 Kerajinan Tangan Khas Bali yang Cocok untuk Oleh-oleh

Dea Duta Aulia
detikTravel
Ilustrasi Oleh-oleh Kerajinan Tangan
Foto: Dok. Shutterstock

2. Perhiasan Perak

Ilustrasi Oleh-oleh Kerajinan TanganFoto: Dok. Shutterstock

Saat berwisata ke Bali, rasanya akan semakin istimewa kalo mengunjungi Desa Celuk di Gianyar. Sebab Desa Celuk Bali terkenal sebagai pusat kerajinan perhiasan emas dan peralatan makan perak.

Berbeda dengan yang di Yogyakarta, seniman perhiasan perak Bali membuat karyanya dengan penuh dekorasi serta menghadirkan kerumitan sendiri sehingga hasilnya cukup memukau.

Dalam proses pembuatannya, para seniman lebih condong banyak menggunakan perak putih daripada perak hitam. Sementara itu dari sisi desain, mereka kerap terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia. Bahkan motif tribal, antik, hingga modern, Bali memiliki beragam pilihan perhiasan perak yang patut coba.

3. Kain Tenun

Ilustrasi Oleh-oleh Kerajinan TanganFoto: Dok. Shutterstock

Dari perak bergeser ke kain. Yaps, kain tenun merupakan salah satu kerajinan tangan khas Bali yang wajib dijadikan oleh-oleh saat berwisata ke Pulau Dewata.

Salah satu yang begitu ikonik yakni "Sarong Bali". Kain tenun tersebut memiliki material yang cukup ringan serta telah melalui proses ikat-celup dan banyak diminati oleh para wisatawan dalam atau luar negeri.

Bali pun memiliki kain tenun yang kerap disebut "ndek". Kain ini memiliki nilai dan budaya yang begitu kenal sehingga menjadi salah satu kerajinan tangan yang cukup mahal.

Kain tenun dengan teknik ikat ganda dari Desa Tenganan menjadi salah satu kerajinan tangan dengan nilai yang cukup tinggi. Sebab setiap proses pembuatan kain di desa tersebut membutuhkan waktu yang tidak sedikit bahkan hingga satu tahun untuk menyelesaikannya. Para pengrajinnya pun betul-betul memperhatikan presisi desan yang begitu kompleks.

Halaman Selanjutnya: Produk Spa Khas Bali

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sudah Dilonggarkan, Pariwisata Bali Barat Masih Belum Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA