Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Mei 2022 17:55 WIB

TRAVEL NEWS

Keluarga Sebut Eril Bisa Berenang Bahkan Punya Sertifikat Diving

CNNIndonesia
detikTravel
Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), anak Ridwan Kamil (Instagram @emmerilkahn)
Foto: Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), anak Ridwan Kamil (Instagram @emmerilkahn)
Jakarta -

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare masih dalam pencarian. Keluarga menyebut dirinya bisa berenang dan punya sertifikat diving.

Hal ini diungkapkan oleh paman Eril, Elpu Nazmuzaman. Berdasarkan kemampuan Eril, dia bisa mengukur arus sungai.

"Beliau bisa berenang, kemudian beliau juga punya sertifikat diving, jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus," kata Elpi dalam konferensi pers, Sabtu (28/5), mengutip CNNIndonesia.

Menurut Elpi, Eril juga memastikan saat itu hanya tiga orang dari rombongannya yang boleh berenang di Sungai Aare. Eril kemudian memilih posisi paling belakang untuk memastikan semuanya aman.

Elpi mengatakan sebagai orang yang biasa diving, dirinya mengerti bahwa saat berenang di tempat yang berarus harus berenang secara diagonal.

Namun, jika terdapat orang lain yang harus dijaga di dalam air, seorang perenang harus mengeluarkan usaha lebih. Di saat yang bersamaan, ia harus menghadapi arus sungai yang mendorong dirinya.

"Ada sedikit effort tambahan menjaga jarak dengan orang yang kita ingin pastikan safety dengan kekuatan arus yang mendorong ke arah lain," tutur Elpi.

Menurut Elpi, sebelum terseret Eril berusaha memastikan perenang lainnya naik ke daratan dengan selamat. Namun sayangnya Eril terseret arus Sungai Aare yang saat itu disebut lebih deras daripada hari-hari sebelumnya.

Sebelumnya, putra sulung RIdwan Kamil, Eril hilang saat berenang di sungai Aare, Kamis (26/5) siang waktu setempat. Eril disebut terseret arus sungai yang cukup deras.

Menurut Elpi, saat itu Eril sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah dan beasiswa.

Pihak KBRI Bern mengatakan saat ini pencarian Eril menjadi prioritas polisi di Swiss. Polisi yang terdiri dari polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran melakukan pencarian dengan berbagai metode, termasuk drone, kapal, dan penyelaman.



Simak Video "Momen Ridwan Kamil Bertemu Guru di Swiss yang Temukan Jasad Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA