Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 29 Mei 2022 14:09 WIB

TRAVEL NEWS

Sampah Berceceran di Segara Anak Gunung Rinjani, Pengelola Membersihkannya

Ahmad Viqi
detikTravel
Sampah pendaki tercecer di area camping Danau Segara Anak Gunung Rinjani.
Foto terbaru, sampah di Segara Anak Gunung Rinjani (Foto: istimewa)
Jakarta -

Masalah sampah di sekitar Danau Segara Anak, Gunung Rinjani masih belum menemukan solusi efektif. Hingga kini, pengelola hanya akan membersihkannya jika ada.

Foto sampah itu sesuai laporan yang diterima detikBali dari salah satu pendaki usai turun dari Gunung Rinjani, Sabtu (28/5) kemarin.

Menurut salah satu pendaki asal Lombok Barat Khairul Fahmi (31), foto itu diambil Fahmi usai camping selama dua hari di Danau Segara Anak pada Kamis (26/5) dan Jumat (27/5) kemarin.

Ada berbagai macam jenis sampah, mulai dari botol, tisu serta plastic, dan sampah organik tercecer di beberapa titik lokasi kemping Danau Segara Anak.

"Sampahnya di banyak lokasi. Ada di pinggir danau tidak terangkut. Jadi kemungkinan pendaki tidak membawa sampahnya turun," katanya, Minggu (29/5/2022).

Dikonfirmasi detikBali, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady mengatakan baru mengetahui adanya tumpukan dan sampah yang tercecer di area camping Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

"Sip. Akan ada tim clean up (membersihkan red) ke sana," tegas Dedy, Minggu (29/5/2022).

Dari jadwal yang telah ditentukan, program clean up direncanakan akan dilakukan pada awal bulan Juni 2022 di seluruh jalur pendakian Gunung Rinjani, termasuk di area camping Danau Segara Anak.

Padahal sebelumnya BTNGR telah mengeluarkan kebijakan akan memberikan sanksi bagi para pendaki yang kedapatan membuang sampah selama pendakian di Gunung Rinjani.

Baca artikel selengkapnya di tautan detikBali ini.



Simak Video "Ahli Geologi Belanda Jadi Pendaki Pertama Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA