Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 14:41 WIB

TRAVEL NEWS

Permohonan Paspor Juga Melonjak di Pekalongan

Robby Benardi
detikTravel
Pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Pemalang di Kota Pekalongan, Jumat (3/6/2022).
Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Pemalang di Kota Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Jakarta -

Peningkatan permohonan paspor juga terjadi di Pekalongan. Bahkan, traveler yang mengajukan harus memakai aplikasi lawas, bukan M-Paspor.

Pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Pemalang di Kota Pekalongan meningkat pesat. Sebagian besar merupakan grup jemaah umrah yang mencapai 50 persen, untuk wisata 40 persen dan pekerja migran 10 persen.

"Untuk permohonan terbanyak dari grup jemaah umrah yang akan diberangkatkan oleh biro perjalanan umrah di Pekalongan dengan persentase 50 persen, untuk wisata 40 persen dan untuk untuk pekerja migran 10 persen," kata Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Washono kepada detikJateng, Jumat (3/6/2022).

Washono menjelaskan, sejak Arab Saudi membuka lagi kunjungan untuk jemaah umrah terjadi peningkatan jumlah pemohon. Dia memerinci pada Januari mencapai 454 pemohon, Februari 476 pemohon, Maret 784 pemohon, April 651 pemohon dan bulan Mei 545 pemohon.

"Untuk mengantisipasi permohonan yang membeludak, UKK Kota pekalongan menerapkan sistem antrean paspor online (Apapo) sehingga pemohon menyesuaikan jam kedatangan di kantor serta jumlah kuotanya," ucapnya.

Dalam sehari berdasarkan kuota Apapo, UKK Kota Pekalongan melayani 30 orang permohonan. Kemudian untuk sistem antrean online lewat M-Paspor, saat ini diakui masih terkendala dengan sistem dan masih progres untuk perbaikan.

Artikel selengkapnya di tautan ini.



Simak Video "Serba-serbi Paspor Baru yang Berlaku 10 Tahun Mulai Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA