Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Berwisata ke Pantai Hodo Lewat Jalur Tambora, eh Ada Danau Kubangan Kerbau

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Pantai Hodo di Dompu
Ada ternak berkeliaran di Pantai Hodo di Dompu. (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu -

Saat liburan ke Kabupaten Dompu atau ke Gunung Tambora, traveler bisa singgah di Pantai Hodo. Sebuah pantau yang terletak di jalur menuju Gunung Tambora.

Jangan heran ketika sampai di pantai. Traveler akan dikejutkan dengan banyaknya kerbau yang mandi di pinggir pantai. Pemandangan ini sudah biasa bagi warga Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), tapi jika Anda pertama kali ke lokasi ini, pasti heran kok ada kerbau yang mandi di air laut padahal biasanya di air asin yang berlumpur.

Agar rasa penasaran Anda tidak berlarut, ada baiknya di cek lebih mendalam. Rasa penasaran akan terobati dengan melihat fakta yang sebenarnya. Kerbau-kerbau tersebut tidak mandi di air laut melainkan di air tawar yang berlumpur.

Inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi pantai ini, posisi antara pantai dan bahu jalan dibatasi oleh danau air tawar yang airnya sangat jernih. Antara air laut dan danau ini hanya dibatasi oleh gundukan pasir dan itu terbentuk secara alami.

Sepanjang pantai itu, pada bagian timur menjadi tempat para hewan kerbau untuk mandi, sementara pada bagian barat, dijadikan sebagai tempat warga mandi. Tak heran jika lokasi ini menjadi lokasi persinggahan bagi warga yang hendak ke Tambora atau ke Kecamatan Pekat setelah menempuh waktu lebih kurang 4 jam.



Simak Video "Keunikan Pantai Hodo, Tempat Singgah Jika Berlibur ke Tambora"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA