Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 11:25 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Ini, Festival Pesona Tambora Digelar

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Festival Pesona Tambora
Foto: (dok Istimewa)
Dompu -

Festival Pesona Tambora kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dompu, Kabupaten dan Kota Bima serta Balai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT).

Pada tahun ini, Festival Pesona Tambora kembali digelar di padang Savana Doro Ncanga yang berada tepat di kaki gunung Tambora. Kegiatan ini untuk memperingati ke 207 tahun letusan Tambora dan akan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu (4-5) Juni 2022.

Festival Pesona Tambora juga merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Dompu yang ke 207 tahun. Dimana Dompu lahir bertepatan dengan meletusnya gunung Tambora pada 11 April 1815 lalu.

Kegiatan ini menjadi ajang wisata massal bagi masyarakat Dompu. Pada setiap perhelatannya, masyarakat Dompu akan memadati areal savana Doro Ncanga, hanya sekedar untuk menikmati keindahan padang savana serta menyaksikan acara seremonial yang digelar.

"Ini baru digelar lagi setelah dua tahun ditiadakan karena COVID-19. Ini momentum yang ditunggu-tunggu," kata salah seorang warga Dompu, Muhammad Azwar pada detikBali Sabtu (4/6/2022).

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2015 silam yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, kegiatan FPT selalu ramai dan tak pernah bosan untuk dihadiri. Warga Dompu biasanya akan hadir bersama keluarga dengan mendirikan tenda-tenda.

"Ini saya pergi bersama keluarga, selain melihat acaranya, di Tambora juga banyak tempat wisata untuk dinikmati bersama keluarga jadi ini satu paket," kata Azwar.

Pada tahun 2022 ini, berbagai kegiatan telah dipersiapkan oleh pemerintah untuk digelar. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan kesenian dan budaya seperti antraksi seni budaya, launching wisata berkuda "Nente Jara", penobatan tokoh nasional sebagai Tokoh Adat Dompu dan kegiatan lainnya.



Simak Video "Dikpora-BPKAD Dompu Digeledah Terkait Dugaan Korupsi KONI"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA