Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Jun 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Reddoorz-Kemendikbud Jalin MoU, Siapkan Lapangan Kerja Buat Anak SMK

Tim detikcom
detikTravel
Reddoorz Kerja Sama dengan Kemendikbud
Foto: Perjanjian MoU Reddoorz (dok.Reddoorz)
Jakarta -

Reddoorz menjalin kerja sama dengan Kemendikbud. Mereka akan mengembangkan pendidikan vokasi buat anak SMK agar makin siap terjun di dunia kerja.

Berdasarkan data Kemenristekdikti, pendidikan vokasional di Indonesia terdiri dari 1.365 lembaga pendidikan. Dari jumlah itu 1.103 adalah akademi kejuruan dan 262 politeknik.

Pendidikan vokasi di Indonesia hanya 16 persen dari seluruh institusi pendidikan yang ada di tanah air. Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh 20 Mei 2022 kemarin, RedDoorz Indonesia dan Direktorat Jenderal Bidang Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalin kerjasama untuk mengembangkan pendidikan Vokasi di Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama ini dilakukan di Magelang. Ini dari kerja sama itu meliputi beberapa poin yaitu, pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana (bentuk kerjasama RedDoorz dan Edutel dalam hal pemasaran, dukungan manajemen operasional, dan peningkatan kualitas).

Kerja sama lainnya adalah memberikan tempat untuk PKL, magang, dan kesempatan kerja bagi siswa SMK di properti mitra RedDoorz, dan menyediakan ahli dan praktisi perhotelan untuk menjadi pendidik tamu di SMK dari tim RedDoorz.

"Pemerintah dan swasta berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Beberapa industri sudah melakukan berbagai pilot project sebelumnya, PKS ini bisa jadi booster untuk semakin meningkatkan kolaborasi tersebut," ujar Wikan Sakarinto, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

Sementara itu, Firry Wahid, Direktur Hubungan Pemerintah RedDoorz Indonesia, menyambut gembira penandatangan PKS ini dan berharap dapat mendorong semakin banyak Edutel yang akan bergabung dalam kerjasama dengan RedDoorz.

"Saat ini kami telah bekerjasama dengan sekitar 12 Edutel yang dikelola oleh SMK di seluruh Indonesia, tersebar mulai dari Lhokseumawe hingga Manokwari. Sesuai arahan Pak Dirjen, kami akan segera menindaklanjuti dengan tim teknis terkait, sehingga semakin banyak SMK yang bisa berkolaborasi dengan kami dan teman-teman siswa SMK yang dapat memperoleh pengalaman kerja dengan terjun langsung ke industri," ucap Firry Wahid.

Sebelumnya, RedDoorz meluncurkan program RedDoorz Goes To Campus dengan berkunjung ke berbagai kampus di Indonesia untuk berbagi pengalaman dari para profesional yang dimiliki oleh RedDoorz kepada adik-adik mahasiswa.

Ada juga RedAcademy yang merupakan sebuah program akselerasi selama sembilan bulan bagi fresh graduate sehingga mereka bisa lebih siap menghadapi dunia kerja.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA