Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Reaksi Sarkas Netizen Tanggapi Tiket Borobudur Rp 750 Ribu

Tim detikcom
detikTravel
Famous Buddhist Temple Borobudur at Sunrise. Yogyakarta, Island Java - Indonesia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Leonsbox
Jakarta -

Tiket masuk Candi Borobudur akan naik menjadi Rp 750 ribu. Netizen pun dibikin heran dengan aturan baru ini. Mereka menumpahkannya di media sosial.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pemerintah akan menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu untuk turis lokal dan USD 100 untuk turis mancanegara. Selain itu, kuota wisatawan yang diperbolehkan naik ke Candi Borobudur juga dibatasi 1.200 orang setiap harinya.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan wisatawan domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya Rp 5.000 rupiah saja," tulis Luhut dalam akun Instagram pribadinya.

Karena kabar ini, satu persatu warganet mulai berkicau di Twitter. Banyak yang hanya membagikan ulang, atau sekedar memberi komentar. Tak sedikit pula yang mengkritik.

Tak ayal, pagi ini nama Borobudur sudah trending di Twitter.

"Katanya ingin pariwisata kita maju pak tapi kalo patok harga mahal siapa yg mau ?? Bisa2 kabur deh turisnya dan lebih memilih ke tempat2 wisata yg ramah kantong, ini juga bakal ngefek ke para UMKM yg berjualan disana pasti akan terdampak sepi pembeli," ujar @stevanihuangg

"750rb seorang? Terlalu mahal.. maksimal 50rb dengan aturan ketat yg penting selalu rame. Kecuali nih emang sengaja di batasi karena alasan tertentu. Jadi jatohnya objek wisatapremium," cuit wolffromsouth.

Saking kagetnya, banyak yang minta konfirmasi di kolom komentar berita detikcom.

"Gak salah ketik Miin.....bukannya Rp 75rb ?" tulis @jago_oan

"Salah ketik gak min?? 750 rb apa 75rb," lanjut yang lain.

Dari sekian banyak warganet yan berkomentar, ada pula yang setuju dengan kenaikan tiket masuk ini.

"Biaya perawatan dan keamanan Candi Borobudur itu gak murah dan gak semua pengunjung Candi Borobudur itu niatnya baik semua kalau ada yg modus bisa kerepotan ngurusinnya," cuit @AlanJona2.

"Candi Borobudur buat tempat ibadah umat Buddha. Jadi emang sengaja biar ga terlalu banyak yang datang biar ga rusak," cuit @GoTotheJek.

"harga tiket yang mahal itu kan buat NAIK candi Borobudur ya.. kalo masuk sampai ke halaman candi seperti sekarang sih tetap seperti harga yang sudah ada.. aku yakin juga harusnya dengan harga 750 ribu yang didapat akan bermacam-macam. ga mungkin kalo cuma naik sekedar naik," tambah @gyeoljeongi.

Komentar sindiran pun muncul.

"wkwkwk.. murah banget," tulisnya.

"Untung sudah pernah ke sana," tambah netizen lain.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel, Minggu (5/6/2022):



Simak Video "Respons Turis Lokal dan Asing soal Harga Tiket Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA