Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Duh! Savana Doro Ncanga Dipenuhi Sampah Usai Festival Tambora

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Waduh, Savana Dipenuhi Sampah Usai Festival Tambora
Foto: Faruk Nickyrawi/detikcom
Dompu -

Festival Pesona Tambora telah usai digelar, namun ada potret yang mencengangkan dibalik suksesnya acara peringatan meletusnya Gunung Tambora itu. Savana menjadi kotor karena dipenuhi sampah berbagai jenis.

Sampah-sampah tersebut diketahui merupakan sisa dari penggunaan masyarakat yang hadir dalam kegiatan itu. Warga diduga membuang sampah di sembarang tempat karena tidak ada ketersediaan tempat sampah di lokasi kegiatan.

Jenis sampah mulai dari plastik makanan ringan, botol air mineral, kertas nasi hingga botol sisa minuman beralkohol serta sisa-sisa makanan yang dibuang begitu saja terlihat berserakan dimana-mana.

Pantauan detikBali di lokasi kegiatan, sampah mulai terlihat ketika masyarakat atau pengunjung meninggalkan lokasi areal perkemahan di kawasan savana Doro Ncanga sejak Minggu (5/6/2022) pagi.

"Di atas sana lebih banyak sampah nya, bertumpuk-tumpuk. Ada banyak botol bir (minuman beralkohol)," kata salah seorang warga Farid, di lokasi kegiatan.

Waduh, Savana Dipenuhi Sampah Usai Festival TamboraSavana di Tambora dipenuhi sampah. Foto: Faruk Nickyrawi/detikcom

Farid menduga, sampah yang menumpuk dengan jumlah yang banyak merupakan sisa dari tenda perkemahan keluarga. Sementara pengunjung yang hanya datang dengan pasangan (berdua) tidak terlalu banyak menyumbang sampah.

"Tadi malam disini tenda satu rombongan mungkin keluarga, karena mereka datang pakai mobil," ujarnya.

Sementara itu, hingga Minggu sore, sampah-sampah tersebut masih dibiarkan begitu saja. Belum terlihat adanya petugas yang melakukan pembersihan.



Simak Video "Keunikan Pantai Hodo, Tempat Singgah Jika Berlibur ke Tambora"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA