Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Jun 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Masyarakat Dompu Antusias Peringati Letusan Gunung Tambora

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Gunung Tambora di NTB
Foto: Ilustrasi Gunung Tambora (dok. TNGT)
Dompu -

Tanggal 11 April 1815 menjadi hari yang bersejarah bagi daerah Kabupaten Dompu. Pada hari itu, letusan maha dahsyat gunung Tambora terjadi.

Letusan itu mengubur tiga kerajaan yang berada tepat di kaki nya yakni Kerajaan Pekat, Kerajaan Sanggar dan Kerajaan Tambora.

Tak hanya mengubur tiga kerajaan, puluhan ribu korban jiwa ikut menjadi catatan kelam di dalamnya yang tak terlupakan hingga hari ini. Bahwa letusan gunung Tambora merubah iklim dunia yang dampaknya dirasakan hingga ke negara bagian eropa.

Setiap tanggal 11 April, Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memperingati hari sejarah kelam itu. Peringatan selalu digelar di lereng gunung Tambora tepatnya di Padang Savana Doro Ncanga.

Di tahun 2022 ini, Pemda Dompu kembali menggelar hari peringatan letusan gunung Tambora yang ke 207 tahun dengan tema 'Dunia Menyapa Tambora'. Lokasinya masih sama yakni di padang Savana Doro Ncanga.

Setiap digelar acara peringatan, tidak pernah sepi dari dukungan masyarakat untuk memeriahkan. Masyarakat selalu hadir dan memadati padang savana.

Kami pun ikut hadir dalam kegiatan yang digelar pada Sabtu 4-Minggu 5 Juni 2022 ini. Terlihat bagaimana antusias masyarakat Dompu yang hadir, baik bersama keluarga, kolega hingga rekan kerja.

Masyarakat sudah mulai berdatangan sejak Sabtu pagi. Kedatangan mereka lengkap dengan membawa segala macam peralatan camping seperti tenda, terpal, alat masak bahkan ada yang membawa kasur dari rumah.

Tenda warna-warni menyebar dan hampir memenuhi hamparan padang Savana, mobil dan motor yang merupakan kendaraan warga ikut mewarnai dan menambah keindahan suasananya.

"Di sini kita datang untuk camping bersama keluarga. Kami datang sejak Sabtu kemarin pakai dua mobil, semua keluarga ikut," ujar salah seorang warga Dompu, M Subhan di Savana Doro Ncanga Minggu (5/6/2022).

Alasan masyarakat untuk hadir di acara peringatan ini cukup beragam, ada yang hanya untuk menikmati liburan bersama keluarga, ada pula yang hadir karena momen sekali setahun.

"Karena ini hanya momen ini hanya sekali setahun, makanya hadir bersama rombongan teman-teman kerja," kata warga Dompu lainnya, Arifuddin.

Peringatan hari letusan gunung Tambora yang ke 207 tahun ini dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi kreatif Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan penyelenggara kegiatan Kemenparekraf. Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan kawasan konservasi Dirjen KSDA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.



Simak Video "Keunikan Pantai Hodo, Tempat Singgah Jika Berlibur ke Tambora"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA