Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Klaim Sukses Terbangkan Helikopter Pertama dengan BBM Berkelanjutan

Helikopter Airbus
Helikopter dengan bahan bakar berkelanjutan (Foto: Airbus)
Toyoyama, Aichi, Jepang -

Jepang menjadi negara pertama yang menerbangkan helikopter dengan BBM berkelanjutan atau SAF (Sustainable aviation fuel). Percobaan ini dikatakan sukses.

Dalam siaran resmi, Selasa (7/6/2022), Airbus Helicopters dan operator helikopter terkemuka Jepang Nakanihon Air (NNK) yang melakukannya. Kendaraan itu menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan.

Helikopter H215 milik NNK tersebut terbang selama 30 menit di Bandara Nagoya, Prefektur Aichi. Menggunakan 600 liter "SUSTEO 10", BBM terbarukan itu diproduksi oleh Euglena.

Bahan bakar ini telah memenuhi standar bahan bakar diesel Jepang (JIS K 2204) dan internasional (ASTM D1655). SUSTEO mengandung SAF sebanyak 10% yang dicampur dengan Jet A-1.

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Airbus Helicopters di Jepang dan Euglena pada upaya untuk membuat penerbangan di Jepang lebih berkelanjutan dalam penerbangan helikopter dengan SAF untuk pertama kalinya," kata Presiden Nakanihon Air Hajime Futagami.

"Uji coba ini sangat penting bagi upaya perusahaan kami mengurangi emisi karbon dari penerbangan untuk menghadapi isu-isu perubahan iklim," tambah dia.

Helikopter AirbusHelikopter Airbus (Foto: Airbus)

Managing Director of Airbus Helicopters in Japan Guillaume Leprince, mengatakan bahwa sebagai pemimpin di sektor helikopter Jepang, penerbangan bertenaga SAF adalah langkah penting bersama para pemangku kepentingan di industri dan pasar helikopter untuk mengurangi emisi karbon di Jepang.

"H215 telah menunjukkan kemampuan dan kesiapannya untuk mewujudkan kinerja dan efisiensi yang sudah menjadi tuntutan pelanggan kami," kata dia.

H215 adalah helikopter angkut berat bermesin ganda yang juga merupakan bagian dari keluarga Super Puma. Transportasi itu dikenal akan tingkat ketersediaan dan kinerja tinggi serta biaya operasi yang kompetitif.

Saat ini, seluruh helikopter Airbus telah tersertifikasi untuk terbang dengan bahan bakar yang mengandung hingga 50% campuran SAF dan kerosin. Bekerja sama dengan pabrikan mesin, Airbus memiliki target untuk mencapai angka 100% SAF.



Simak Video "Capres Panama Minta Bantuan via Media Sosial Usai Kecelakaan Helikopter"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI Selengkapnya