Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Thailand Legalkan Ganja untuk Kuliner dan Medis, Dilarang untuk Rokok

Thailand Legalkan Ganja, tapi Tidak Anjurkan Rokok
Foto: Thailand legalkan ganja (Sakchai Lalit/AP)
Jakarta -

Thailand mulai melegalkan budidaya ganja sejak Kamis (9/6/2022). Namun, ganja tetap dilarang untuk diisap.

Diberitakan AP, Jumat (10/6/2022), Food and Drug Administration memutuskan untuk menghapus semua tanaman ganja dari kategori obat-obatan narkotika. Keputusan itu membuat Thailand menjadi negara pertama di Asia yang mendeskriminalisasi ganja untuk keperluan medis dan industri.

Kementerian kesehatan Thailand berencana untuk mendistribusikan satu juta bibit ganja mulai Jumat (10/6). Warga negeri gajah putih merayakannya dengan membeli ganja di kafe yang sebelumnya hanya sebatas menjual produk yang dibuat dari bagian tanaman yang tidak membuat orang mabuk.

"Cukup jelas bahwa kita telah melangkah sangat jauh dan akhirnya melegalkan penggunaanya. Pemerintah memahami bahwa telah melangkah sangat jauh dan itu lebih pro daripada kontra," kata pemilik kafe dan aktivis, Rattapon Sanrak.

Meski begitu, pemerintah Thailand mengingatkan bahwa mereka yang merokok di depan umum masih dianggap sebagai gangguan. Ada kemungkinan hukuman penjara 3 bulan dan denda 25 ribu baht atau sekitar Rp 10,5 juta. Sementara ekstrak ganja seperti minyak tetap ilegal jika mengandung lebih dari 0,2% tetrahydrocannabinol, atau bahan kimia yang membuat orang mabuk.

Menurut Prof Sarana Sommano dari Departemen Tanaman dan Ilmu Tanah Universitas Chiang Mai, wisatawan harus berhati-hati sampai aturan yang dikeluarkan jelas dan setelah undang-undang mengenai ganja disahkan.

"Tidak disebutkan batasan penggunaan, undang-undang mengemudi dengan gangguan narkoba. Ini bisa menjadi kesalahan pemerintah karena terburu-buru mengeluarkan kebijakannya untuk menyenangkan pemilih tanpa benar-benar merencanakan detailnya dan menjelaskan kepada publik apa yang sedang terjadi," katanya.

Thailand ingin membuat gebrakan di pasar ganja medis. Negara ini memiliki industri pariwisata medis yang berkembang dengan baik. Iklim tropisnya dinilai sangat ideal untuk menanam ganja.



Simak Video "Momen Thailand Bagi-bagi 1 Juta Tanaman Ganja Gratis untuk Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA