Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 15:12 WIB

TRAVEL NEWS

Bisa-bisanya Bikin Vandalisme di TN Yosemite, Pelaku Dicari Lewat Medsos

Beruang hitam di Taman Nasional Yosemite
Foto: Taman Nasional Yosemite (iStock)
Jakarta -

Taman Nasional terkenal di Amerika Serikat, Yosemite, tengah mencari pelaku aksi vandalisme. Pengelola memanfaatkan media sosial.

Vandalisme itu berupa coretan grafiti berwarna biru di batu-batu di jalan setapak dekat air terjun di taman nasional itu. Pejabat di Taman Nasional Yosemite Amerika Serikat pun memburu pelaku, baik perorangan ataupun kelompok yang telah merusak jalan setapak itu.

Dalam unggahan di media sosial, pengelola taman nasional meminta bantuan masyarakat untuk menangkap pelaku yang harus bertanggung jawab atas aksi vandalisme tersebut.

Taman Nasional Yosemite yakin bahwa vandalisme tersebut terjadi di bulan Mei.

"Jika Anda berada di jalan setapak menuju pincak Air Terjun Yosemite dari pukul 6-11 malam pada tanggal 20 Mei dan melihat orang menandai atau dengan kaleng cat semprot atau memiliki bukti video/foto silakan kunjungi https://nps.gov/ISB, lalu klik 'Kirim Tip' tweet Taman Nasional Yosemite.



Dalam unggahan Facebook, pengelola Taman Nasional menyatakan telah menerima banyak laporan vandalisme sekitar pukul 20.15 malam.

"Keesokan harinya, penjaga pergi untuk memeriksa kerusakan dan menemukan sekitar 30 situs di sepanjang jalur air terjun Yosemite yang dicat dengan grafiti bitu dan putih," tulis Taman Nasional Yosemite dalam postingan Facebook.

"Yang terkecil berukuran kira-kira satu kaki kali satu kaki, tapi sebagian besar berukuran sekitar tiga kaki kali tiga kaki dan beberapa berukuran lebih besar dari delapan kaki kali delapan kaki," begitulah lanjutannya.

Penjaga sudah mengidentifikasi tersangka potensial, tapi taman nasional ini tetap butuh bantuan publik, terutama jika ada bukti visual yang menunjukkan bahwa perilaku tertangkap basah.

Taman Nasional Yosemite dikelola oleh pemerintah federal. Kerusakan yang sengaja dianggap sebagai pelanggaran federal dapat dihukum dengan denda USD 100 atau USD 500, tiga sampai enam bulan penjara atau kedua hukuman tersebut.

"Grafiti adalah vandalisme dan sangat sulit untuk dihilangkan," tulis National Park Service.

"Memperbaiki situs yang dirusak, jika mungkin memakan biaya dan waktu dan seringkali tidak dapat mengembalikan situs ke kondisi semula," ditambahkan.

"Mengotori bagian mana pun dari taman nasional atau lahan publik lainnya yang Anda kunjungi menyakitkan dan itu menurunkan pengalaman pengunjung lain," keterangan lagi.

Selain itu menurut NPS, tindakan vandalisme dapat mengganggu satwa liar atau merusak habitat mereka yang secara langsung menyebabkan kematian mereka.



Simak Video "Kebakaran Hutan di California Terlihat dari Angkasa Luar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA