Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Season 2 Mau Tayang, Kenang Lagi Yuk Permainan Squid Game versi +62

Syanti Mustika
detikTravel
boneka squid game
Foto: Instagram Netflix Korea
Jakarta -

Netflix telah mengumumkan akan segera menayangkan serial Squid Game season 2. Yuk ingat lagi game pada season pertama yang ada di permainan anak-anak Indonesia.

Serial Netflix Squid Game hangat kembali dibicarakan karena akan segera tayang. Pasti penasarankan permainan seperti apa yang akan mereka tampilkan?

Nah, sembari menunggu season 2 keluar, yuk kita kenang lagi permainan Squid Game yang mirip dengan permainan tradisional anak-anak Indonesia.

Squid Game: Enam hal yang diungkap serial Netflix tentang permasalahan nyata di Korea SelatanSquid Game( Foto: BBC Magazine)

1. Lampu Merah Lampu Hijau - Patung-patungan

Ingat dong game pertama Squid Game bermain apa? Para peserta menghadapi permainan Lampu Merah Lampu Hijau. Para peserta harus mendekati boneka raksasa tanpa ketahuan oleh boneka. Jika boneka berteriak lampu merah, berarti peserta harus bergerak karena boneka saat itu membelakangi peserta.

Jika boneka berteriak lampu hijau, dia akan menoleh ke peserta dan para pemain tidak ada yang boleh bergerak. Jika bergerak mereka akan mati.

Jika versi Indonesia, ada namanya patung-patungan. Nanti akan ada ada satu anak yang menjadi penjaga yang tugasnya menangkap anak-anak yang lain. Jika tak ingin tertangkap, anak-anak yang lain harus jadi patung, tidak boleh bergerak.

Di Sumatera Barat ada nama permainan tradisional cik mancik. Jadi di permainan ini, ada anak yang menjadi penjaga dan anak-anak yang lain harus bersembunyi. Si penjaga nanti akan menghitung sesuai angka yang disepakati, misalnya 10. Jika hitungan selesai dia akan mencari anak-anak yang lain.

Jika ada kesempatan, anak-anak yang lain harus mendekat ke pos jaga dan menepuk sambil teriak cik mancik. Yang berhasil melakukan ini berarti dia selamat atau menang. Sedangkan anak-anak lain yang terlihat oleh penjaga akan gantian jadi penjaga.

Kalau di daerah mu apa namanya?

2. Tarik tambang

Permainan selanjutnya yang menarik perhatian di Squid Game adalah tarik tambang. Permainan ini tentu lumrah kita mainkan, bahkan jadi salah satu permainan pengisi lomba kegiatan 17 Agustusan. Betul?

Srikandi Hanura menggelar sejumlah perlobaan di Lapangan Sepokbola DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2016).  Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT ke- 71 RI.Srikandi Hanura menggelar sejumlah perlobaan di Lapangan Sepokbola DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2016). Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT ke- 71 RI. Foto: Lamhot Aritonang

3. Kelereng

Tentu permainan ini tidak asing bagi kita. Adapun di Squid Game, tim manapun boleh bermain kelereng dengan tema apapun asalkan bisa merebut semua kelereng lawan.

Begitu juga di Indonesia, ragam juga aturan main kelereng yang bisa dimainkan. Tapi, tetap yang paling menantang saat kita taruhan kelereng. Setuju?

4. Engklek

Permainan selanjutnya yang ada di Squid Game adalah jembatan kaca. Di permainan ini para pemain diminta untuk menyeberangi jembatan kaca, dimana kacanya berbeda kekuatan. Jika mereka salah menginjak, mereka jatuh dari ketinggian dan mati saat mendarat di lantai.

Adapun kemiripan dengan permainan Indonesia yaitu engklek. Di permainan engklek kita diminta untuk melangkah di kotak yang telah digaris. Dan aturannya jika kita menginjak garis, kita kalah dan ulang lagi dari awal.

Anak main engklekAnak main engklek Foto: Instagram

5. Gobak Sodor

Adapun permainan puncak dalam serial ini adalah Squid Game dimana ada hambar persegi, segitiga dan lingkaran yang disusun hingga terlihat seperti cumi. Permainannya dibagi menjadi dua yaitu penyerang dan bertahan.

Nanti penyerang akan mencoba masuk ke wilayah tim bertahan. Jika penyerang bisa masuk ke ujung garis berbentuk cumi-cumi, berarti dia yang menang. Begitu sebaliknya, jika orang yang bertahan berhasil mengeluarkan penyerang di wilayahnya, dai juga menang.

Di Indonesia ada permainan gerobak sodor, dimana ada penyerang dan bertahan juga. Terdapat garis yang membatasi penjaga dan penyerang. Bedanya, jika penjaga menyentuh bagian tubuh penyerang, penyerang dinyatakan gugur.

Kalau di Sumatera Barat nama permainan ini adalah cak bur. Kalau traveler apa?



Simak Video "Gi-hun Is Back! Netflix Umumkan 'Squid Game Season 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA