Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Jun 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Makin Canggih, China Punya Jalur Kereta Api Terpanjang di Atas Gurun

Antara
detikTravel
Jalur kereta di atas gurun di China
China bangun rel kereta api di atas gurun (dok. China State Railway Group)
Jakarta -

China tak henti-hentinya berinovasi. Kini mereka memiliki jalur kereta api terpanjang yang berada di atas gurun.

Jalur kereta api itu panjangnya 825 kilometer di wilayah barat daya Daerah Otonomi Xinjiang. Jalur ini menghubungkan Kota Hotan dan Kota Ruoqiang dan wilayah sekitarnya melewati Gurun Taklimakan.

China State Railway Group mengklaim jalur kereta ini merupakan yang terpanjang di dunia. Jalur itu mulai beroperasi pada Jumat (17/6/2022).

Kereta dapat melintas dengan kecepatan rata-rata 120 kilometer per jam. Jalur Hotan-Ruoqiang sendiri dapat ditempuh dalam waktu 11,5 jam dengan menggunakan kereta api.

Sebagai informasi Gurun Taklimakan adalah gurun pasir terluas kedua di dunia. Sebelumnya, ada Gurun Gobi yang juga memiliki jalur kereta yang mengarah ke timur dan tenggara, seperti Provinsi Gansu dan Provinsi Qinghai.

Membangun jalur kereta api di atas gurun tentu punya beragam risiko. Sekitar 65 persen jalur kereta di gurun itu menghadapi risiko terkena angin dan badai pasir. Namun masalah itu sudah diatasi sejak pekerjaan konstruksi dimulai pada 2018.

Saat ini terdapat lima jembatan yang secara keseluruhan panjangnya mencapai 49,7 kilometer dan bisa dilintasi kereta. Di bawah jembatan itu terdapat gurun pasir.

Sementara itu, China memiliki ambisi memperluas jaringan kereta api. Hingga akhir 2021, China telah memiliki jaringan kereta api sepanjang 150.000 kilometer, di mana 40.000 kilometer jalurnya dilewati kereta api berkecepatan tinggi.



Simak Video "Rayakan Agustusan! Beli Tiket Kereta Api Mulai Rp 17 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA