Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Akhirnya, Geopark Merangin Didaftarkan ke UNESCO

Tim detikcom
detikTravel
Air Terjun Muara Karing dan Fosil Ratusan JutaTahun
Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel
Jakarta -

Sudah lama dilirik UNESCO, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akhirnya mendaftarkan Geopark Merangin ke UNESCO Global Geopark (UGG). Nantinya, akan ada tim yang memverifikasinya.

Gubernur Jambi Al Haris telah mempersiapkan betul agar Geopark Merangin terdaftar ke UNESCO.

"Sudah didaftarkan, tinggal menunggu tim dari UNESCO turun. Kami ditambah dengan tenaga ahli dari kementerian dan badan geologi sudah bekerja, tinggal tim turun menilai, nanti baru kita lihat hasilnya," kata Haris.

Haris menceritakan awal mula Geopark Merangin bisa sampai dilirik oleh UNESCO. Semua bermula ketika dia menjabat sebagai Bupati Merangin di tahun 2014.

Waktu itu, Haris tiba-tiba didatangi oleh pihak UNESCO yang melakukan survey ke Merangin. Sayang waktu itu, Merangin belum bisa masuk dalam kriteria UNESCO.

"Tiba-tiba di tahun 2014, saya didatangi oleh UNESCO. Nah mereka langsung menilai, saya kaget. Pertama, kita belum paham selera UNESCO terhadap geopark itu seperti apa," ujarnya.

Usai mengunjungi lokasi, UNESCO memuji Geopark Merangin. Namun untuk bisa didaftarkan ke UNESCO perlu bebepara pembenahan.

"Dia bilang ke saya, 'Pak, ini nggak ada lawannya. Hanya saja, kalau kita bicara taman bumi, ini perlu ada seekelompok orang di sekitar lokasi geopark yang akan mendapatkan incomenya'. Maka orang sekitar situ harus memahami apa itu geopark. Ketika tim turun, warga nggak tahu geopark itu apa. Potensinya apa? nggak ngerti masyarakat. Maka saya diminta, 'Pak, itu warganya dididik, supaya perlu memahami apa itu geopark," Haris mengisahkan.

Infrastruktur ke Geopark Merangin pun, menurut dia perlu diperbaiki. Sebab, saat tim UNESCO turun didapati akses menuju lokasi rusak parah.

"Di situ kita mengakui masih lemah infrastrukturnya. Contoh jalan, itu baru dibangun, dulu jelek minta ampun itu," kata dia.



Simak Video "Mengeksplorasi Geopark Merangin di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA