Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 11:55 WIB

TRAVEL NEWS

5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Disegani, TNI AL Termasuk!

CNBC Indonesia
detikTravel
TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar Latihan Operasi Amfibi TA 2021 di Kepulauan Riau. Yuk lihat apel persiapan Operasi Amfibi Tahun 2021.
TNI AL. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indonesia boleh bangga, nih karena angkatan lautnya termasuk yang paling disegani di dunia. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) unggul dalam beberapa aspek.

Indonesia dikenal sebagai negara maritim, yakni negara yang sebagian besar wilayahnya didominasi oleh lautan. Untuk menjaga kedaulatan Indonesia, tentu Indonesia harus memiliki angkatan laut yang kuat bahkan disegani.

Pasalnya, ada beberapa negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia hingga saat ini. Kekuatan militer dari sebuah negara tentunya dihimpun dari kekuatan angkatan darat, angkatan udara, dan juga angkatan lautnya. Angkatan laut meliputi kekuatan dari kapal perang dan juga kapal selam yang dimiliki oleh suatu negara.

World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis data mengenai angkatan laut dari berbagai negara. Mereka memiliki sebuah formula penilaian bernama True Value Rating (TvR) yang menaksir kekuatan angkatan laut dari sebuah negara berdasarkan beberapa aspek. Berikut adalah negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia berdasarkan TvR dari WDMMW:

Amerika Serikat

USS Blue Ridge, kapal perang pemandu di Armada ke-7 Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan ke Jakarta. Yuk kita lihat dalemannya.USS Blue Ridge, kapal perang pemandu di Armada ke-7 Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan ke Jakarta. Yuk kita lihat dalemannya. Foto: Pradita Utama

Amerika Serikat menempati posisi pertama dengan skor TvR mencapai 329,9. Angkatan laut Amerika Serikat memiliki 243 unit armada kapal aktif dengan perincian 11 unit kapal induk, 68 unit kapal selam, 131 unit armada kapal utama, dan 33 kapal amfibi.

Angkatan laut Amerika Serikat didirikan pada tahun 1775 atau 247 tahun yang lalu dan saat ini menjadi angkatan laut paling disegani di dunia.

Tentara Pembebasan Rakyat (China)

China memiliki Tentara Pembebasan Rakyat yang merupakan tentara nasional yang berada di bawah naungan partai komunis. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, sebenarnya armada angkatan laut China jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 416 armada kapal aktif.

Namun, WDMMW menempatkan China di urutan kedua dengan TvR sebesar 319,8. Angkatan laut China sudah berdiri sejak 1949 dan memiliki armada kapal dengan perincian 2 unit kapal induk, 72 unit kapal selam, 333 unit armada kapal utama, dan 9 unit kapal amfibi.

Rusia

Rusia memperingati Hari Angkatan Laut dengan menggelar parade kapal perang, Minggu (26/7) waktu setempat. Parade kapal perang disaksikan langsung oleh Presiden Vladimir Putin.Rusia memperingati Hari Angkatan Laut dengan menggelar parade kapal perang, Minggu (26/7) waktu setempat. Parade kapal perang disaksikan langsung oleh Presiden Vladimir Putin. Foto: AP Photo


Soal pertahanan negara, Rusia kerap disebut sebagai negara terbaik, tidak terkecuali untuk angkatan lautnya. Tidak heran, di urutan ketiga ditempati oleh Angkatan Laut Rusia. Angkatan Laut Rusia memiliki nilai TvR sebesar 242,3 dan 265 unit armada kapal aktif.

Jika diperinci, Rusia memiliki 1 unit kapal induk, 58 unit kapal selam, 185 unit armada kapal utama, dan 21 unit kapal amfibi. Sebagai tambahan, Angkatan Laut Rusia sudah didirikan sejak tahun 1696 dengan nama "Imperial Russian Navy".

Indonesia

TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar Latihan Operasi Amfibi TA 2021 di Kepulauan Riau. Yuk lihat apel persiapan Operasi Amfibi Tahun 2021.TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar Latihan Operasi Amfibi TA 2021 di Kepulauan Riau. Yuk lihat apel persiapan Operasi Amfibi Tahun 2021. Foto: Pradita Utama

Indonesia menduduki peringkat keempat dalam daftar kekuatan armada laut dunia. Indonesia mendapatkan nilai TvR sebesar 137,3 dan memiliki 242 unit kapal armada laut.

Jika diperinci, Indonesia memiliki 4 unit kapal selam, 208 unit armada kapal utama, dan 30 unit kapal amfibi. TNI Angkatan Laut didirikan bersamaan dengan kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1945.

Korea Selatan

Posisi terakhir daftar negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia adalah Korea Selatan. Dengan 138 unit armada kapal, Korea Selatan mendapatkan skor TvR sebesar 122,9.

Secara terperinci, armada kapal Korea Selatan terdiri dari 18 unit kapal selam, 110 unit armada kapal utama, dan 10 unit kapal amfibi dan telah berdiri sejak tahun 1945.



Simak Video "Helikopter Angkatan Laut Meksiko Jatuh, 14 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA