Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 14:02 WIB

TRAVEL NEWS

G20 juga Libatkan UMKM, Tak Hanya Bahas Isu Penting

Pagelaran Sabang - Merauke digelat di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Pameran ini menghadirkan bermacam produk UMKM.
Ilustrasi produk UMKM (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Presidensi G20 tidak hanya membahas isu-isu penting dan strategis. Dalam pelaksanaannya, usaha mikro kecil menengah atau UMKM juga ikut terlibat langsung untuk meramaikan.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan akan keterlibatan UMKM di presidensi G20 dalam temu wartawan mingguan. Kata dia, harapan pemerintah adanya rantai yang stabil dan kuat bagi pengusaha kecil itu.

"Keterlibatan UMKM di presidensi G20. Poinnya adalah harapan kita pada penguatan rantai pasok," kata dia.

"Presidensi G20 ini bukan hanya untuk isu-isu besar, tapi juga untuk pemulihan produk-produk lokal UMKM," terang Sandiaga.

Sebanyak seratus UMKM akan meramaikan presidensi G20 pada November nanti di Bali. Mereka akan berada di 40 hotel dan nantinya akan ada pemasaran pada produk yang mereka hasilkan.

"Ada 100 UMKM yang terlibat di lebih dari 40 hotel. Itu bisa kita pasarkan pada tourism working group dan tourism minister of meeting," terang dia.

"Sehingga UMKM-UMKM kita akan semakin dikenal, omzetnya meningkat dan membuka peluang usaha juga lapangan kerja," jelas Sandiaga.

Sandiaga di Cirebon sebelumnya juga berupaya meningkatkan kualitas produk pelaku UMKM dengan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

"Target kami ke depan, melalui pembinaan holistik dari AKI 2022 ini, pelaku ekonomi kreatif di Cirebon bisa naik kelas dari usaha kecil menengah menjadi usaha besar dan mereka bisa meningkatkan pasar ekspor," kata Sandiaga.

Dalam mengembangkan produk-produk ekraf untuk naik kelas, Menparekraf, Sandiaga Uno, mendorong pelaku ekraf Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produk-produknya. Sebab pasar Indonesia dinilai sangat luas dan beragam.

Selain itu, diperlukan juga manajemen yang solid dan pengaturan keuangan yang disiplin dalam mengembangkan usaha.

"Pasar Indonesia sangat besar, oleh karena itu kita harus mampu untuk mengenali pasar kita. Kedua, bangun tim manajemen yang solid dan perkuat manajemen keuangan kalian. Ini tiga poin penting yang harus dipetik," ujar Sandiaga Uno.



Simak Video "Dukungan Negara Tamu hingga Lembaga Internasional Terhadap Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA