Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kena Cacar Monyet, Turis Ini 'Dibungkus' Kapsul dengan Helikopter

bonauli
detikTravel
Liburan ke Yunani, Turis Ini Kena Getok Harga karena Makan Kepiting Rp 10,8 Juta
Ilustrasi Yunani (The Sun)
Jakarta -

Seluruh rencana liburan turis ini berubah jadi mimpi buruk. Harusnya senang-senang malah terbungkus dalam tandu kapsul karena sakit.

Turis yang tidak disebutkan namanya ini berasal dari Inggris. Dia liburan di Pulau Cyclades, Yunani.

Dilansir dari Daily Mail, pria ini tiba-tiba saja sakit. Setelah diperiksa, ternyata dia kena cacar monyet.

Organisasi Kesehatan Masyarakat Nasional langsung meminta turis tersebut diangkut dengan helokpter Chinook. Dari Pulau Cyclades, dia diterbangkan ke Rumah Sakit Attica di Athena dan mendapat perawatan selama 20 hari ke depan.

Tak tanggung-tanggung, karena bisa tertular si turis dimasukkan ke dalam tandu kapsul. Tandu memiliki tutup transparan sehingga disebut kapsul.

Virus cacar monyet menjadi salah satu wabah yang sedang dihadapi setelah Covid-19. Menurut laporan, Yunani mulai mendeteksi kasus infeksi pertama pada 8 Juni yang terdeteksi pada seorang pelancong.

Cacar monyet pertama kali ditemukan pada monyet lab pada 1950-an. Kini di Inggris angkanya telah meroket lebih dari 800 kasus.

Perkembangan virus in cukup cepat, karena siapa pun dapat tertular melalui kontak fisik. Namun sebagian besar kasus tertular dari jaringan seksual antar lelaki.

Meski begitu, sentuhan pakaian, tempat tidur atau handuk yang digunakan oleh pasien juga bisa menyebarkan virus. Ini mengapa si turis sampai dibawa dengan tandu kapsul sehingga tidak menulari petugas.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA