Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik...Rute Kapal Cepat Lombok-Bali Telah Dibuka

Ahmad Viqi
detikTravel
Penyeberangan menggunakan kapal cepat rute Gili Trawangan-Senggigi Lombok Barat menuju Padangbai, Karangasem, Bali telah dibuka.
Penyeberangan menggunakan kapal cepat rute Gili Trawangan-Senggigi Lombok Barat menuju Padangbai (Foto: Ahmad Viqi/detikBali )
Jakarta -

Penyeberangan menggunakan kapal cepat rute Gili Trawangan-Senggigi Lombok Barat menuju Padangbai, Karangasem, Bali, mulai dibuka semenjak Kamis (23/6/2022). Rute kapal cepat Eka Jaya Fast Boat ini rencananya dibuka setiap hari dengan total keberangkatan satu kali atau one way.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan rute kapal cepat Gili Trawangan-Senggigi menuju Padangbai dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit. Rute penyeberangan ini disebut sebagai rute surprise bagi wisatawan yang ingin berkunjung melewati jalur laut ke Pulau Lombok dari Pulau Dewata.

"Secara teknis, izinnya sudah kita diurus. Rute Gili Trawangan-Senggigi ke Padangbai kita harapkan menjadikan wisata bisa lebih ramai berkunjung ke Lombok Barat," kata Fauzan.

Selain membuka rute Gili Trawangan-Senggigi menuju Padangbai, Pemda Lombok Barat juga akan bakal membuka rute kapal cepat dari Nusa Penida menuju Sekotong Lombok Barat.

"Dengan begitu, wisatawan asing bisa memilih rute ke bagian Utara dan bagian Selatan Lombok Barat. Semoga ini terus bisa berkelanjutan dan bisa memberi kontribusi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau Lombok," pungkas Fauzan.

General Manager Eka Jaya Fast Boat, I Ketut Sugita mengatakan dibukanya rute Gili Trawangan Senggigi dan Padangbai ini sekaligus untuk meningkatkan kerjasama antara pengelola wisata di Pulau Lombok dan Karangasem Bali. Keberadaan sirkuit MotoGP di Lombok juga diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan.

"Jadi memang kami sengaja membuka lebih awal dengan kapasitas 210 seat penumpang dengan model one way setiap hari. Ini kami harapkan bisa menambah varian transportasi bagi wisatawan selain jalur pelabuhan Padangbai menuju Lembar Lombok Barat," kata Sugita.

Pada awal pembukaan ini, penyeberangan dari Gili Trawangan mulai dibuka pukul 09.30 WITA, lalu menuju Senggigi pukul 10.00 WITA. Dari pelabuhan Senggigi, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Padangbai Bali pada pukul 10.30 WITA.

"Jadi begitu seterusnya. Setalah tiba kami juga layani dari Padangbai menuju Lombok dengan dua tujuan. Pantai Senggigi dan Gili Trawangan Lombok Utara," katanya.

Tarif penyeberangan dari Gili Trawangan menuju Senggigi dibanderol seharga Rp 135 ribu. Sedangkan tarif kapal cepat rute Gili Trawangan-Senggigi dan Padangbai seharga Rp 385 ribu per satu orang penumpang.

"Harga itu sudah pas. Kami juga tidak pungut biaya tambahan. Sepanjang tamu bisa membawa sendiri logistik. Ini bisa berjalan terus," kata Sugita.

Salah satu wisatawan asing asal Australia Angie Olifent mengaku sengaja memilih rute kapal cepat dari Gili Trawangan menuju Padangbai akibat melambungnya harga tiket pesawat via Bandara Internasional Lombok menuju Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali. Dia pun mengaku senang dengan dibukanya rute penyeberangan kapal cepat dari Gili Trawangan-Senggigi menuju Padangbai Bali.

"Saya datang dari Gili Trawangan menuju Bali. Karena harga tiket pesawat tembus Rp 3 jutaan. Apalagi ini harus cepat-cepat ke Bali," kata Angie, warga asing yang telah tinggal 7 tahun di Lombok.

---

Artikel ini telah tayang di detikBali.



Simak Video "Ganasnya Si Jago Merah Lahap 40 Kamar Hotel di Gili Trawangan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA