Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Tertulis di Alkitab, Wabah Serangga Landa Amerika

Wabah Serangga di AS
April Aamodt menunjukkan Jangkrik Mormon di tangannya (AP)
Oregon -

Negara bagian Oregon di Amerika Serikat tengah dilanda wabah serangan serangga seperti yang tertulis di Alkitab. Bagaimana kisahnya?

Jordan Maley dan April Aamodt tengah mengemudi kendaraannya menyusuri ngarai di bagian utara Oregon. Tiba-tiba kendaraan mereka berhenti. Mereka lalu mengambil sejenis serangga yang sedang diam di jalanan itu.

"Ini dia satu di sebelah sini," kata Aamodt, seperti dikutip dari AP, Selasa (28/6/2022).

Aamodt menunjukkan serangga sejenis jangkrik di tangannya. Serangga itu dikenal sebagai Mormon Crickets alias Jangkrik Mormon. Ukurannya cukup besar dan mudah dilihat. Mereka bisa tumbuh sampai panjangnya lebih dari 5 centimeter.

Jangkrik Mormon bukan spesies yang baru di Oregon. Serangga ini sudah pernah menghancurkan lahan pertanian milik suku Mormon di negara bagian itu pada tahun 1800-an silam.

Wabah Serangga di ASWabah Serangga di AS Foto: (AP)

Maley dan Aamodt juga akrab dengan Jangkrik Mormon. Mereka ditugaskan untuk memantau dan melakukan survey terkait keberadaan serangga ini di area tersebut.

Mereka menyebut wabah terparah Jangkrik Mormon terjadi pada tahun 2017 silam. Wabah di tahun itu bahkan lebih parah dari wabah serupa yang pernah terjadi di tahun 1940-an.

Jalanan dipenuhi oleh jangkrik yang badannya sudah hancur digilas mobil. Lahan pertanian hancur setelah diserbu gerombolan besar jangkrik ini. Wabah yang disebabkan oleh serangga itu bahkan disebut-sebut mirip seperti yang tertulis di Alkitab. Di dalam Alkitab, belalang merupakan salah satu wabah yang diceritakan menghancurkan Mesir pada zaman Nabi Musa.

"Di jalanan, ketika kamu melindas dan membunuh mereka, maka mereka akan datang lagi dan lagi," ujar Skye Krebs, salah satu petani Mormon.

Pada tahun 2021 lalu, Kantor Pertanian Oregon memperkirakan ada 4 juta hektar lahan pertanian di 18 wilayah yang rusak akibat wabah Jangkrik Mormon. Mereka sampai menyediakan dana hingga US$ 1,2 Juta (Rp 17,8 Miliar) untuk mengatasi wabah tersebut.

Jangkrik Mormon adalah serangga yang punya sifat kanibal. Mereka akan memangsa sesamanya, baik itu hidup atau mati, apabila tidak mendapatkan asupan protein yang cukup. Mereka bisa berpindah sejauh setengah kilometer dalam sehari.

"Kami punya hasil pertanian yang sangat berharga dan juga sistem irigasi. Kami melakukan apa yang kami bisa untuk menjauhkan serangga itu agar tidak menuju ke sana," kata Maley.



Simak Video "Heboh Senator Australia Sebut Jalanan Bali Penuh Kotoran Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA