Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Ada Arca Singosari Terpendam Dalam Tanah, Sisakan Teka-teki

Putu Intan
detikTravel
Candi Singosari
Candi Singosari. Foto: Putu Intan/detikcom
Malang -

Bila mampir ke Candi Singosari, traveler dapat melihat arca yang terdapat di dalam maupun di halaman candi. Tetapi kemungkinan masih ada arca lain yang belum ditemukan.

"Mungkin saja masih terdapat arca-arca yang terpendam dalam tanah," kata Purbakalawan Masa Hindu Buddha Suwardono kepada detikcom, Rabu (29/6/2022).

Suwardono mengatakan, sampai saat ini pencarian arca Singosari masih terus dilakukan. Itu karena masih ada teka-teki yang bahkan setelah ratusan tahun masih belum terjawab tuntas.

Salah satunya mengenai arca Dwarapala yang jaraknya sekitar 200 meter dari Candi Singosari. Kedua arca yang berfungsi sebagai penjaga gerbang itu berdiri dengan arah hadap yang tidak sesuai teori. Selain itu, hingga kini belum ditemukan bangunan yang mereka jaga.

Arca di Candi SingosariArca di halaman Candi Singosari. Foto: Putu Intan/detikcom

"Kemarin pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan melakukan penggalian di sekitar arca Dwarapala. Mungkin salah satu alasannya barangkali bisa menemukan arca yang terpendam dalam tanah, atau kalau tidak, bisa menemukan bongkahan-bongkahan batu penyangga arca Dwarapala," ujarnya.

"Karena kalau dilihat dari bongkahan-bongkahan batu yang tersisa, arca Dwarapala itu dahulunya berada di atas pedestal bongkahan batu, tidak duduk di atas tanah seperti itu," sambungnya.

Sementara itu, untuk arca-arca Singosari yang sudah ditemukan, tidak semuanya juga disimpan di sekitar candi. Faktanya, arca-arca itu bahkan ada yang dibawa ke luar negeri.

"Arca-arca Singosari sebagian besar sudah ditemukan dan berada tersebar di halaman Candi Singosari, Leiden, Museum Bangkok, Museum Mpu Purwa Kota Malang, dan BPCB Trowulan," kata Suwardono.

Penggalian arca Dwarapala.Penggalian arca Dwarapala. Foto: Putu Intan/detikcom

Candi Singosari sendiri ditemukan Belanda dalam kondisi berantakan pada tahun 1801. Kemudian pada tahun 1804 beberapa arca yang ditemukan mulai dipindahkan dan pada 1819, di bawah perintah Gubernur Pantai Timur Jawa Nicholaus Engelhard arca yang kondisinya masih baik dibawa ke Belanda.

Berdasarkan penelusuran detikcom, sejumlah arca Candi Singosari kini berada di Museum Volkenkunde di Leiden, Belanda. Ada 6 arca di museum tersebut yakni Bhairawa, Mahakala, Nandiswara, Nandi, Ganesha, dan Durga Mahisasuramardini.



Simak Video "Melihat Candi dan Ratusan Arca di Dataran Tinggi Dieng"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA