Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 13:12 WIB

TRAVEL NEWS

Sering Dikira 'Gudang', Padahal Ini Ruang Rahasia Pramugari

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Pramugari
Ilustrasi kompartemen pramugari (Pool)
Jakarta -

Tiap pesawat memiliki tempat-tempat rahasia dan tersembunyi. Tempat tersebut bahkan sering dikira ruang penyimpanan oleh awak kabin sendiri.

Ruang rahasia itu sebenarnya adalah kompartemen alias tempat istirahat. Tiap pesawat lama dan baru pasti memilikinya.

Dilansir dari The Sun, Jumat (1/7/2022) kompartemen istirahat kru terpisah untuk pilot dan awak lainnya. Tersembunyi dari pandangan penumpang, kompartemen ini sering dikira hanya ruangan kosong.

Penerbangan jarak jauhlah yang cenderung memiliki kompartemen ini. Kompartemen juga bisa ditemukan di pesawat baru jenis Boeing 787 atau Airbus A350.

Letak dari kompartemen ini tidak selalu sama di tiap pesawat. Terkadang kompartemen ditemukan di kabin utama atau di ruang kargo.

Pada pesawat yang lebih tua, kompartemennya dapat berupa kursi yang dapat direbahkan dengan tirai tebal dan besar yang menutupinya di bagian belakang pesawat.

Sementara itu kompartemen untuk pilot berada di atas kokpit. Ruang tersebut biasanya disertakan dengan opsi hiburan dalam penerbangan yang tidak disediakan untuk awak kabin pada umumnya.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menentukan parameter kompartemen, tetapi maskapai penerbangan mungkin memiliki masukan konfigurasi ruang ketika membeli pesawat.

FAA punya syarat khusus tentang tata letak ruang rahasia ini. Kompartemen harus diletakkan jauh dari kebisingan, minim getaran dan bau. Sehingga dapat membantu awak kabin untuk tidur.

Kompartemen juga harus memiliki suhu dan pencahayaan yang bisa disesuaikan. Penumpang tidak dapat mengakses tempat ini.

Tapi kalau penasaran dengan lokasinya, traveler bisa mencari pintu di bagian depan atau belakang pesawat yang tidak digunakan. Di sanalah kompartemen berada!

Simak juga 'Wanita Ponorogo Ini Banting Setir dari Pramugari Jadi Wirausaha Plafon':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA