Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 18:28 WIB

TRAVEL NEWS

7.800 Jemaah Haji Furoda Gagal Berangkat, Agen Travel Curhat

bonauli
detikTravel
Pelaksanaan haji di masa pandemi COVID-19 membuat para jemaah menunaikan ibadah haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ini potretnya.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jakarta -

Calon haji furoda Indonesia gagal berangkat tahun ini. Padahal biaya yang dikeluarkan jemaah untuk keperluan haji ini mencapai ratusan juta rupiah.

"Innalilahi," kata travel agen yang curhat perihal tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Rizky Sembada, CEO Almultazan Group pada detikTravel. Dirinya akhirnya buka suara terkait dengan kekurangan haji furoda yang kini tengah melanda jemaah haji Indonesia. Sebagai agen travel haji, Rizky menyadari bahwa haji furoda memang haji yang penuh kekhawatiran.

"Haji furoda adalah haji yang penuh ketidakpastian, karena memang haji furoda atau visa jemaah yang memang tidak tersistem dan tidak terencana sebelumnya sebagaimana dua haji yang lainnya yaitu haji kuota reguler dan haji kuota plus," ujarnya.

Belum luntur dari ingatannya, dari tahun ke tahun haji furoda memang selalu ada permasalahan. Meskipun besar kecilnya permasalahan tersebut berbeda-beda.

"Sebenarnya semenjak tahun 2018 dan 2019, haji furoda mulai tersistem dalam pengawasan dan peraturan perundang-undangan Kemenag," jelasnya.

Adanya sistem yang mulai jelas membuat agen travel tenang. Namun, tiba-tiba saja pandemi Covid datang. Sehingga membuat pelaksanaan haji ditutup secara total.

Dibukanya kembali proses haji dan umrah oleh Arab Saudi menjadi semangat dan harapan baru. Hal ini terlihat dari begitu membludaknya jemaah haji dengan persiapan yang begitu pendek.

"Terlebih lagi ketika pemerintah Saudi Arabia menyatakan membuka haji untuk dunia meskipun baru 50-80 persen, maka antusiasme kaum muslim Indonesia sangat besar. Itu jelas kami rasakan sebagai para penyelenggara haji dan umrah memilih izin resmi Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK)," ucapnya.

Tapi sayang, ketika semua sudah siap, terjadi pembatalan besar-besaran untuk calon jemaah haji furoda. Totalnya hampir 7.800 jemaah haji Indonesia yang harusnya berangkat tahun ini.

"Hampir 7.800 jamaah haji Indonesia sudah terdaftar diproses Mofa (Ministry of Foreign Affairs) gagal berangkat tahun ini. Semoga seluruh jamaah tersebut diberikan kekuatan dan kesehatan," ungkapnya.



Simak Video "Kasus 46 Calon Dideportasi Saudi, Apa Itu Haji Furoda?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA