Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 13:00 WIB

TRAVEL NEWS

Gagal Berangkat, Uang Ratusan Juta Calon Jemaah Haji Furoda Balik 100%?

bonauli
detikTravel
Pemerintah Arab Saudi mulai longgarkan prokes COVID-19 berupa jaga jarak. Kini jamaah di Masjidil Haram Makkah bisa melaksanakan salat dengan barisan yang rapat
Ilustrasi Masjidil Haram (Dok. Haramain Sharifain)
Jakarta -

Calon jemaah haji furoda gagal berangkat tahun ini. Lantas apakah uang kembali atau berangkat di tahun depan?

Melansir dari situs hajifuroda.id, haji furoda merupakan layanan Ibadah Haji khusus tanpa antre dengan jaminan uang kembali 100% apabila visa calon jamaah tidak mendapatkan persetujuan atau tidak terbit dari Arab Saudi.

Visa furoda sendiri merupakan visa yang dikeluarkan langsung oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tanpa melalui Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Agama RI.

Dari sisi biaya, harga haji furoda jauh lebih mahal ketimbang paket haji pada umumnya. Adapun biaya haji furoda yang ditawarkan berkisar USD 19.000 atau jika dalam mata uang rupiah sekitar Rp 270 jutaan.

Namun pada kenyataannya tidak demikian. Menurut CEO Almultazan Group Rizky Sembada, biaya haji furoda mencapai USD 20.000-25.000, bahkan ada yang sampai Rp 500 jutaan.

Sebagai agen travel, Rizky tidak bisa menjamin uang kembali 100 persen. Karena tiket pesawat yang sudah hangus tetap harus dibayar. Belum lagi hotel-hotel yang kemarin sudah lebih dulu di-booking selagi menunggu kepastian keberangkatan dari Pemerintah.

Meski demikian, agen Rizky akan tetap memperjuangkan keberangkatan calon jemaah haji furoda di tahun depan.

"Agen travel berkomitmen memberangkatkan haji tahun depan dan diharapkan agar jemaah bersabar. Karena ini merupakan musibah bersama," ucapnya pada detikTravel.

Dari data yang disampaikan Rizky, setidaknya ada 7.800 calon jemaah haji furoda yang gagal berangkat tahun ini.



Simak Video "446 Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Asrama Sukolilo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA