Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Sekolah Naik KRL Solo Jogja, Bisa Lihat Pemandangan Hijau

Putu Intan
detikTravel
KRL buatan PT INKA (Persero) saat melintas di jalur Yogyakarta - Solo
KRL Solo Jogja. Foto: dok. INKA
Solo -

Selain Jabodetabek, KRL juga beroperasi di Solo dan Yogyakarta. Istimewanya, traveler bakal melihat pemandangan hijau bila naik KRL Solo Jogja.

KRL Solo Jogja menjadi moda transportasi yang saat ini banyak dipilih untuk bepergian dari Kota Solo ke Yogyakarta atau sebaliknya. detikcom sempat menjajal naik KRL Solo Jogja pada hari Minggu (4/7/2022). Saat itu, detikcom berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 11.20 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Yogyakarta.

Suasana di dalam kereta tak jauh beda dengan KRL Jabodetabek. Fasilitasnya serupa yakni kursi panjang untuk penumpang dan kursi prioritas. Gerbong kereta juga dijaga petugas keamanan.

Hanya saja yang membedakan tidak ada gerbong khusus wanita seperti di Jabodetabek. Semua penumpang campur baur pada gerbong yang tersedia.

PT KAI melalui PT KCI telah mengoperasikan kereta rel listrik Yogyakarta-Solo. Empat stasiun di Klaten pun difungsikan untuk naik dan turun penumpang KRL. Empat Stasiun tersebut stasiun Brambanan, Kecamatan Prambanan; stasiun Srowot, Kecamatan Jogonalan; stasiun Ceper di Kecamatan Ceper dan stasiun Delanggu di Kecamatan Delanggu.Foto: Achmad Syauqi

Saat perjalanan hari itu, gerbong-gerbong kereta penuh dengan keluarga serta anak-anak yang ingin berlibur ke Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan hampir tidak ada penumpang yang turun di stasiun pemberhentian dan mayoritas turun di Stasiun Yogyakarta.

Rute yang dilewati KRL Solo Jogja adalah Solo Balapan, Purwosari, Gawok, Delanggu, Ceper, Klaten, Srowot, Brambanan, Maguwo, Lempuyangan, dan Yogyakarta. Perjalanan itu ditempuh dalam waktu 75 menit.

Pemandangan rute KRL Solo JogjaPemandangan rute KRL Solo Jogja. Foto: Putu Intan/detikcom

Keunikan lain dari KRL Solo Jogja adalah suasana jalur yang dilewati kereta itu. Bila di Jabodetabek, kita lebih sering melintasi area perkotaan dan permukiman padat penduduk. Namun ketika naik KRL Solo Jogja, pemandangan yang mendominasi adalah persawahan.

Pemandangan ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga kota yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan. Sepanjang jalan, traveler bakal melihat pemandangan hijau khas pedesaan di pinggiran kota.

Nah, jika ingin menjajal KRL Solo Jogja, traveler dapat naik di stasiun-stasiun yang sudah disebutkan di atas. Tarifnya adalah Rp 8.000. Cara membayarnya menggunakan kartu multi trip atau e-money. Sementara itu untuk jadwal keberangkatannya dimulai pada pukul 05.05 sampai dengan 19.10 WIB.



Simak Video "Terjadi Lagi! Penumpang KRL Dilecehkan, Kali ini saat Tertidur "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA