Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Makna Tongkat Sakti Raja Batak yang Diberikan ke Jokowi

Presiden Jokowi diberi Tongkat Raja Batak Toba
Jokowi diberikan tongkat sakti Raja Batak Toba (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Medan -

Saat melakukan kunjungan kerja ke Medan, Presiden Jokowi diberi tongkat sakti Raja Batak Toba. Begini maknanya menurut ahli Antropologi dari Unimed.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diberikan Tongkat Raja Batak Toba saat menghadiri acara di Medan. Tongkat itu diserahkan oleh tokoh masyarakat Sumut, RE Nainggolan.

Tongkat itu diberikan Nainggolan ketika Jokowi memasuki lokasi acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Medan, Kamis (7/7) kemarin. Saat menerima tongkat itu, Jokowi juga terlihat mengenakan ulos dan sortopi.

"Kita berikan tongkat Balehat Raja untuk menjadi semacam perlambang kekuatan kepada Bapak Presiden dalam rangka menjalankan kepemimpinannya," ujar RE Nainggolan dalam keterangannya usai prosesi berlangsung.

Dosen Antropologi dari Universitas Negeri Medan (Unimed) Erond L Damanik mengatakan tongkat yang diberikan itu bernama Tunggal Panaluan. Tongkat itu sering dianggap masyarakat Batak Toba sebagai tongkat sakti.

"Di kalangan masyarakat Tapanuli Utara, Tunggal Panaluan itu kan disebut tongkat sakti," kata Erond saat dihubungi detikcom.

Erond mengatakan tongkat itu hanya diberikan kepada raja. Pemberian kepada Presiden Jokowi dimaknai dengan pemberian tongkat kepada raja.

"Pemilik tongkat sakti itu disebut raja. Kalau misalnya diberikan itu kepada Presiden Jokowi, ini bisa disebut simbolisasi penerima Tunggal Panaluan adalah raja," sebut Erond.

Dalam sejarahnya, kata Erond, Tunggal Panaluan hanya diberikan kepada raja yang disembah.

"Dalam sejarahnya Tunggal Panaluan, hanya raja yang disembah yang berhak menerima tongkat sakti ini," jelasnya.


----

Artikel ini sudah naik di detikSumut dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Prediksi Jokowi: 800 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA