Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

Harga Tiket Kereta di Jerman Dipangkas Jadi Rp 135.000, Penumpang Naik 42%

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kereta gantung Jerman
Kereta gantung di Jerman. (Getty Images/CNN)
Berlin -

Jerman mendorong warganya agar lebih banyak melakukan perjalanan dengan kereta. Salah satu caranya yaitu dengan menurunkan harga tiket. Ternyata membuahkan hasil!

Jerman sedang mengupayakan agar perjalanan dalam negeri mereka lebih berkelanjutan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mendorong warganya untuk lebih banyak bepergian menggunakan kereta.

Untuk mendukung hal ini, Jerman melakukan penurunan harga tiket kereta. Harga tiket diturunkan hingga sebesar 9 Euro atau sekitar Rp 135.000.

Dikutip dari Schengen Visa, menurut Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis), pada bulan Juni, yang merupakan bulan pertama pengadaan tiket murah seharga 9 Euro, jumlah perjalanan menggunakan kereta telah meningkat drastis.

"Pada bulan Juni 2022, pergerakan menggunakan moda transportasi kereta api di seluruh Jerman secara umum 42 persen lebih tinggi dibanding pada bulan Juni 2019. Pada Mei 2022, pergerakannya 3 persen lebih tinggi daripada Mei 2019," kata sebuah pernyataan dari Destatis.

Jumlah ini terungkap setelah diadakan evaluasi khusus yang dilakukan oleh Destatis. Evaluasi ini mengumpulkan data perjalanan kereta api dengan jarak tempuh 30 kilometer atau lebih.

Pemerintah Jerman memperkenalkan tiket seharga 9 Euro ini pada 1 Juni lalu. Tiket ini tersedia untuk masyarakat yang bepergian menggunakan kelas dua.

Tiket yang dibeli berlaku selama satu bulan. Sedangkan skema tiket murah ini berlaku hingga tanggal 31 Agustus 2022.

Tiket dapat digunakan di semua layanan transportasi umum di Jerman dengan rute lokal dan regional. Tiket ini dapat digunakan sebanyak yang diinginkan oleh pemiliknya.

Selain murah tiket ini juga mudah dibeli, peminatnya dapat membeli tiket dengan mudah melalui ponsel. Meski dapat digunakan di seluruh transportasi umum, tiket ini tidak dapat digunakan untuk kereta atau bus jarak jauh.

Bagi mereka yang telah membeli tiket tahunan, akan mendapat pengembalian uang. Pengembalian akan diberikan sejumlah biaya tambahan yang dikeluarkan selama musim panas (selama harga tiket murah ini berlaku).

Sejak diberlakukannya tiket ini, perjalanan dengan kereta api mengalami kenaikan paling tinggi jika dibandingkan dengan 2019. Di sisi lain, penerbangan domestik Jerman mengalami penurunan paling dalam. Pada akhir Juni disebutkan terjadi penurunan hingga 49 persen.



Simak Video "Asyiknya Berkelana di Eropa dengan Kereta Kuno Bohinj"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA