Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Jul 2022 20:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sedikit Bocoran Kisaran Gaji Pilot dan Pramugari AirAsia Nih

Femi Diah
detikTravel
Pramugari AirAsia
Ilustrasi pramugari AirAsia (Foto: AirAsia)
Jakarta -

Menjadi pilot atau pramugari membuka kesempatan buat sekaligus traveling. Sudah begitu, katanya gaji pilot dan pramugari juga relatif besar. Berapa ya kira-kira?

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, menyebut pendapatan pilot dan pramugari AirAsia cukup menjanjikan. Sebabnya, ada dua komponen yang diterima, yakni gaji dan tunjangan.

"Beda-beda dong setiap pilot dan prmaugari... Sama dengan perusahaan yang lain. Itu tergantung kepada, pertama lamanya bekerja, kemudian tergantung level senioritas dan posisinya. Jadi, kalau ditanya gaji pilot dan pramugari itu berapa tergantung dua hal itu tadi," kata Vera dalam perbincangan dengan detikTravel di Jakarta.

"Kalau di bagian operasi, seperti pilot dan pramugari itu, ada fixed salary (gaji) dan flight allowance (tunjangan). Besaran fixed salary itu terbang atau tidak terbang dapatnya segitu, itu tergantung level senioritas dan posisi. Adapun untuk flight allowance alias tunjangan itu adalah kompensasi yang dibayarkan kalau terbang. Itu jadi variabel," Vera menjelaskan.

"Makanya, sangat tergantung banget yang fixed saja beda apalagi kalau dilihat frekuensi terbang. Lebihlah kalau dua digit," kata Vera tanpa bersedia merinci detail kisaran gaji pilot dan pramugari di perusahaan yang dipimpinnya.

Faktanya, posisi sebagai pramugari AirAsia cukup diminati. Dalam perekrutan terakhir yang dilakukan beberapa bulan lalu, ada sekitar 5.000 pendaftar untuk mengikuti seleksi pramugari AirAsia.

"Kami membuka rekruitmen beberapa pekan lalu dan peminatnya luar biasa banyak. Ada lebih dari 5.000 pelamar. Itu jumlah terbesar sepanjang sejarah pendaftar untuk satu ronde seleksi kru kabin AirAsia," kata Vera.

"Tidak pernah ada angka sebesar itu. Apalagi, kami tidak sering membuka perekrutan untuk kru kabin," dia menambahkan.



Simak Video "AirAsia Food Segera Hadir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA