Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 14:51 WIB

TRAVEL NEWS

Kampung Naga Tutup Sementara buat Wisatawan

Deden Rahadian
detikTravel
Banjir bandang terjang Kampung Adat Naga di Tasikmalaya
Banjir bandang terjang Kampung Naga (Foto: Faizal Amiruddin/detikJabar)
Tasikmalaya -

Kampung Naga Tutup dilanda banjir bandang. Karenanya, destinasi itu ditutup sementara untuk wisatawan.

Kampung Naga yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya ditutup sementara untuk aktivitas wisata. Penutupan ini karena proses pemulihan pascabanjir bandang yang terjadi pada akhir pekan lalu.

"Jadi Kampung Naga sementara waktu ditutup dulu buat kunjungan wisata yang banyak banyak mah. Ini kan masih harus diperbaiki kerusakan di dalamnya," Kades Neglasari Sobirin saat dihubungi detikJabar, Senin (18/7/2022) siang.

Banjir bandang yang terjadi tak hanya merusak sejumlah fasilitas seperti kolam ikan, lahan pertanian dan fasilitas lainnya di Kampung Naga. Tapi juga tiga jembatan rusak akibat luapan air dari tanggul yang jebol, yakni jembatan Kaso, Leuwi Munding dan jembatan Bantarsari.

"Kami masih fokus perbaikan termasuk jembatan. Masa ada wisatawan kondisi Kampung Naga masih belum rapi di bawahnya. Walau bukan di kampungnya yah," ucap Sobirin.

Kampung Naga rugi miliaran rupiah

Sobirin mengatakan, kerugian total akibat banjir bandang di Kampung Naga ditaksir mencapai Rp 3 miliar.

"Kalau kerugian total masih dihitung pak. Kan itu ada jembatan juga tiga pak yang putus. Miliaran perkiraan, yah di atas Rp 3 miliar mungkin," ucap Sobirin

Kerusakan lainnya, area persawahan sekitar 2 hektare lahan milik 50 warga rusak akibat tergenang air banjir. Selain itu, 30 kolam ikan juga ikut terendam. 2 bangunan berupa saung lesung hanyut terbawa banjir dan 8 lesung hilang terbawa arus.

Berita selengkapnya dapat traveler baca di tautan detikJabar ini



Simak Video "Kampung Naga Tasikmalaya Dihantam Banjir Bandang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA