Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Gila! Saking Panasnya, Hutan California Terbakar Berhektare-hektare

CNN Indonesia
detikTravel
Kebakaran hutan di California
Foto: CNN
Jakarta -

Kebakaran hutan terjadi di California saat gelombang panas terjadi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS). Api melalap hutan seluas 4.800 hektare dalam tempo 24 jam.

Kebakaran terpusat di Mariposa County dan telah menghancurkan 10 properti serta lima bangunan lain. Gubernur California, Gavin Newsom, mendeklarasikan status darurat di Mariposa County.

"Status darurat diterapkan. Kondisi bahaya ekstrem terhadap keselamatan orang dan properti," kata Newsom, seperti dikutip AFP, Senin (25/7/2022).

Sementara itu, pejabat Departemen Kehutanan Perlindungan dan Kebakaran California, Hector Vasquez, menyebut telah mengevakuasi 6 ribu orang akibat bencana itu. Vasquez juga mengatakan telah mengerahkan pesawat dan 500 pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

"Ada personel yang muncul dari berbagai departemen di seluruh negara bagian untuk membantu mengendalikan kebakaran ini," ujar Vasquez lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran hutan kerap menerjang California dan negara bagian lain karena cuaca yang ekstrem dan perubahan iklim.

"Kekeringan dan suhu tinggi tidak menguntungkan untuk kami," kata Vasquez.

Belakangan, sejumlah daerah di AS menghadapi beban suhu ekstrem. Suhu di wilayah seperti Dallas dan Oklahoma City diperkirakan akan mencapai lebih dari 38 derajat celsius setidaknya untuk lima hari ke depan.

"Dari Dataran Selatan ke Timur, akan terasa sangat menekan," demikian menurut Dinas Cuaca Nasional. Mereka juga memperingatkan kemungkinan badai hebat.

Direktur Badan Manajemen Darurat di Oklahoma, Area Tusla, Joseph Kralicek, juga mengomentari fenomena yang ada.

"Ini benar-benar salah satu hal yang kami kenali di Oklahoma. Panas adalah pembunuh nomor satu terkait cuaca di seluruh Amerika Serikat," kata Kralicek.

Darurat panas juga berlaku di kota Boston, Philadelphia, hingga Washington. Wilayah yang biasanya dingin pun, Pacific Northwest, tak lepas dari panas ekstrem.

Penduduk di wilayah tengah AS mencatatkan suhu mencapai 39 derajat celsius pada Sabtu dan 41 derajat celsius pada hari Minggu dan Senin.

Ibu kota AS, Washington, diperkirakan akan mencapai atau melampaui 38 derajat celsius pada hari Minggu untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.



Simak Video "Dampak Suhu Tinggi, Kantor Jepang Hemat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA