Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 08:53 WIB

TRAVEL NEWS

Harga Avtur Naik, Sewa Jet Pribadi Tembus Rp 700-an, tapi Tetap Laris Manis

Bisnis jasa sewa jet pribadi tengah jadi sorotan. Pasalnya permintaan penggunaan jasa sewa jet pribadi alami peningkatan di masa pandemi Corona.
Ilustrasi jet pribadi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Tarif layanan charter atau penyewaan jet pribadi mengalami kenaikan. Harga avtur yang makin mahal menjadi salah satu biang keroknya.

"Dampak kenaikan harga avtur untuk penerbangan charteran atau private jet sangat berdampak langsung terhadap kenaikan biaya charter," kata Direktur PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi kepada detikcom, Minggu (24/7/2022).

Selain avtur, kenaikan harga sewa jet pribadi dipengaruhi kenaikan ground handling pesawat dan penyewaan ruang tunggu VVIP. PT Indojet yang menyediakan sewa jet pribadi pindah ke Bandara Soekarno-Hatta, karena Bandara Halim Perdanakusuma direvitalisasi.

"Beban biaya ground handling juga ikut naik, serta tarif sewa longue VVIP Bandara Cengkareng (Soekarno-Hatta) yang ternyata lebih tinggi dari Bandara Halim," ujar Stefanus.

"Kenaikan beberapa komponen biaya di atas membuat tarif charter yang kita patok jadi naik antara 10-15% dari tarif charter tahun sebelumnya," kata Stefanus.

Sebagai contoh, untuk kenaikan harga penerbangan jet pribadi dari Jakarta ke Bali telah meningkat dari awalnya hanya US$ 19 ribuan menjadi US$ 21 ribu, bila dikonversi dengan kurs terkini maka saat ini harganya Rp 315 juta (kurs Rp 15.000).

Dengan harga segitu, penumpang dapat menikmati penerbangan eksklusif dengan pesawat Hawker 400 dengan kapasitas penumpang 6 orang. Tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Masih ada dua pilihan pesawat jet pribadi lainnya. Bila ingin menggunakan Hawker 800 dengan kapasitas 8 orang, tarifnya sebesar USD 28 ribu atau sekitar Rp 420 juta. Lalu, untuk pesawat Legacy 600 dengan kapasitas 13 orang tarifnya sebesar USD 38 ribu atau sekitar Rp 570 juta.

Ada juga penerbangan Jakarta ke Labuan Bajo, dengan Hawker 400 biayanya USD 35 ribu atau sekitar Rp 525 juta. Kemudian, untuk model pesawat Hawker 800 tarifnya sebesar USD 41 ribu atau sekitar Rp 615 juta.

Lalu, untuk pesawat jenis Legacy 600 tarifnya sebesar USD 52 ribu atau sekitar Rp 780 juta. Sama seperti ke Bali, tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Selain penerbangan domestik, Indojet juga menawarkan jet pribadi ke luar negeri. Salah satu rutenya adalah Jakarta-Singapura.
Advertisement

Dengan pesawat Hawker 400 biayanya USD 22 ribu atau sekitar Rp 330 juta. Kemudian, untuk model pesawat Hawker 900 tarifnya sebesar US$ 30 ribu atau sekitar Rp 450 juta. Lalu, untuk pesawat jenis Legacy 600 tarifnya sebesar USD 39 ribu atau sekitar Rp 585 juta.

Selanjutnya, untuk pesawat Gulfstream G150 dengan penumpang 7 orang tarifnya mencapai US$ 25 ribu atau sekitar Rp 375 juta. Terakhir, untuk pesawat Gulfstream G550 dengan kapasitas penumpang 16 orang harganya menyentuh Rp 44 ribu atau sekitar Rp 660 juta.

Lalu, untuk pesawat jenis Legacy 600 tarifnya sebesar USD 52 ribu atau sekitar Rp 780 juta. Sama seperti ke Bali, tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Tarif-tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik Jakarta ke Singapura dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Kendati harga sewa jet pribadi naik, Stefanus menyebut minat pengguna tak surut meski harganya makin mahal. Permintaan terbang eksklusif dengan jet pribadi masih stabil. Para 'sultan' nampaknya masih rela untuk membayar mahal demi layanan super eksklusif.

"Kami mendata minat charter masih cenderung stabil seperti periode sebelumnya. Tak ada penurunan permintaan," kata Stefanus.



Simak Video "Kapolri Bakal Telusuri Asal Uang Brigjen Hendra Bayar Private Jet"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI Selengkapnya