Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Teori Konspirasi Chemtrail Pembawa Penyakit Merebak di Inggris

Contrail pesawat
Contrail pesawat (Foto: Michael Marston ePixel Images/CNN)
Jakarta -

Teori konspirasi tentang chemtrail merebak di Inggris. Itu semua berawal dari awan putih memanjang jejak pesawat.

Mengutip BBC, Selasa (26/7/2022), awan putih itu terdiri dari air dan disebut contrail atau jejak uap. Tapi semakin banyak orang yang salah mempercayai bahwa itu adalah bukti dari sesuatu yang jahat dan sedang terjadi.

Beberapa orang berpikir bahwa kekuatan jahat sedang menyemprot populasi dengan bahan kimia berbahaya, yang disebut chemtrails. Tujuannya pun tidak jelas dan tidak konsisten.

Adanya pandemi Covid juga mempengaruhi teori chemtrail. Lalu apa itu contrail?

Contrail terbentuk ketika uap air dan partikel halus jelaga dari sisa pembakaran bahan bakar jet membeku menjadi kristal es. Dalam kelembaban udara yang rendah, kristal menghilang begitu saja.

Contrail pesawatContrail pesawat (Foto: Michael Marston ePixel Images/CNN)

Dalam kelembaban yang lebih tinggi, mereka bertahan, dan akhirnya menciptakan jejak uap yang terlihat di area langit yang luas. Perbedaan kelembaban tersebut menjelaskan mengapa beberapa pesawat terlihat menghasilkan jejak uap sementara yang lain tidak.

Kelembaban tinggi berarti jejak uap dapat bertahan lama dan menjadi lapisan tipis awan cirrus, kata ahli meteorologi Kantor Met Aidan McGivern.

Awan Cirrus pendek, terpisah dan seperti rambut dan ditemukan di ketinggian. Tidak mungkin bahan kimia yang diklaim di awan ini akan mencapai permukaan tanah karena mereka berada di ketinggian seperti itu, katanya.

Bagi yang percaya, chemtrail mendorong tutupan awan yang lebih besar di kemudian hari. Tapi ini dapat dijelaskan dengan proses konveksi alami.

Proses itu adalah hasil dari matahari yang menghangatkan tanah, menyebabkan udara hangat naik dan mengembun menjadi awan di kemudian hari, kata Met Office.

Bagaimana teori konspirasi dimulai? Bahwa pemerintah atau kekuatan bayangan secara rutin menyemprot planet ini dengan bahan kimia dari penerbangan penumpang terjadwal muncul pada akhir 1990-an.

Awalnya, orang percaya bahwa semprotan itu mengandung logam beracun, barium, digunakan untuk menenangkan atau mengurangi populasi. Namun ide tersebut berkembang, artinya saat ini ada beberapa teori chemtrail.

Contrail pesawatContrail pesawat (Foto: Michael Marston ePixel Images/CNN)

Apa faktanya?

Seperti kebanyakan teori konspirasi, chemtrail hadir dengan fakta-fakta yang memang mendukungnya.

Pada 1950-an dan 1960-an, beberapa dekade sebelum teori konspirasi lahir, sebagian besar Inggris disemprot dengan bahan kimia di udara dalam serangkaian tes perang kuman rahasia.

Dan pada tahun 1950, San Francisco disemprot dengan bahan kimia dari kapal untuk mengukur efek serangan senjata biologis di daerah berpenduduk.

Ahli teori konspirasi chemtrail menunjukkan eksperimen rahasia semacam itu untuk mendukung tujuan mereka. Tetapi klaim mereka seperti berlebihan karena klaim bahwa kita terus-menerus, secara sengaja disemprot dengan berton-ton bahan kimia berbahaya untuk berbagai alasan yang terus berubah.

Seperti ahli teori konspirasi lainnya, penggemar chemtrail juga mengikuti acara berita untuk mendorong agenda mereka. Asosiasi Pilot Maskapai Inggris (BALPA) mengatakan bahwa mereka mengetahui teori chemtrail ini tanpa bukti mendasar.



Simak Video "Respons LAPAN-BMKG soal Langit Tampak Terbelah di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA