Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Ketinggalan! Ini Rute Kirab Malam 1 Suro di Solo Besok

Gatot Nurmantyo mengikuti kirab malam 1 Sura di Mangkunegaran.
Ilustrasi kirab. (Foto: Dok Pemkot Surakarta)
Solo -

Setelah vakum dua tahun akibat pandemi, Keraton Kasunanan Surakarta akan kembali mengadakan kirab pusaka Malam 1 Suro.

Sama seperti tahun-tahun sebelum pandemi, Keraton Kasunanan Surakarta akan gelar kirab pusaka Malam 1 Suro dengan rute sepanjang 7 km. Kirab akan dimulai dari Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta kemudian menuju simpang Bank Indonesia, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi, hingga kembali ke Keraton.

Menurut Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Adipati Dipokusumo, Malam 1 Suro merupakan momen masyarakat untuk berefleksi serta mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Meski dirayakan dengan beberapa gelaran, namun momen ini tidak diperingati untuk bersenang-senang.

Perayaan Malam 1 Suro dimulai dengan acara doa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan kirab, meditasi, lalu salat hajat. Hingga akhirnya diakhiri dengan salat subuh.

"Cara menyikapi tahun baru ini beda. Malam sampai pagi itu ada rangkaian acara doa bersama, kemudian kirab, meditasi atau semedi, kemudian salat hajat, tidak hanya di Masjid Agung, tapi juga di Masjid Paramasana, Masjid Pujasana, dan diakhiri salat subuh," ujarnya dalam jumpa pers di Keraton Kasunanan Surakarta, Kamis (28/7/2022) seperti dikutip dari detikJateng.

Untuk kirab esok, telah disiapkan lima kebo bule. Sebelumnya kelima kerbau tersebut sempat terpapar PMK. Namun kini kondisinya sudah membaik dan siap untuk mengikuti kirab.

"Ada lima yang kami siapkan, sudah dikarantina di Magangan dan mendapatkan pemantauan khusus dari tim dokter. Saat ini kondisinya sangat siap (untuk ikut kirab)," ujarnya.

Namun tak menutup kemungkinan bahwa jumlah kerbau yang ikut bisa bertambah atau berkurang. Pihak Keraton Kasunanan Surakarta mengatakan ini semua tergantung dari rekomendasi dokter yang menangani.

"Kalau layak semua ya bisa ikut kirab semua. Atau bisa saja ada tambahan yang sehat bisa diikutkan kirab. Tergantung dari saran dokter," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Lima Kebo Bule Dikarantina Jelang Kirab Malam 1 Suro"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA