Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 31 Jul 2022 18:47 WIB

TRAVEL NEWS

2 Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Kadispar NTB Harap Tak Terulang Lagi

40 kamar Hotel Jambuluwuk Oceano di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB terbakar, Sabtu (30/7/2022).
Foto: Hotel Jambuluwuk kebakaran (dok. Istimewa)
Gili Trawangan -

2 Hotel di Gili Trawangan terbakar hebat. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi berharap insiden ini tidak terulang kembali.

Kebakaran hebat menghanguskan Hotel Jambuluwuk Oceano di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Tak hanya hotel itu, Hotel Edenia yang berada tepat di belakang Hotel Jambuluwuk Oceano juga habis dilalap api.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi menyebut penyebab kebakaran sampai saat ini belum diketahui. Yusron berharap insiden ini tidak akan terulang kembali.

"Sejauh ini penyebab kebakaran masih belum diketahui. Pertama kita ikut perihatin, dan berharap tentu saja tidak terulang kembali," ujar Yusron melalui pesan singkat Whatsapp, Minggu (31/7/2022).

Ke depannya, Yusron berharap ada mitigasi bencana dan kerja sama dengan BPBD atau pihak lain untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

"Perlu bersama BPBD atau pihak terkait lainnya untuk terus memberi edukasi penanganan kebencanaan, termasuk antisipasi kebakaran, menyempurnakan SOP di masing-masing fasilitas akomodasi. Pada kondisi tertentu, mungkin saja diperlukan bantuan peralatan yang lebih memadai untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti ini. Terlebih di Gili tidak seperti di daratan yang segala fasilitas bisa segera digerakkan," tutur Yusron.

Sementara itu, Kasubsi Pengelolaan Informasi Dokumentasi Humas Polres Lombok Utara Ipda Made Wiryawan menyampaikan, kebakaran yang terjadi di Hotel Jambuluwuk Oceano Trawangan berawal dari kamar tamu nomor 179. Hal itu diketahui dari penuturan salah satu saksi mata.

Menurut kesaksian Staf Engineering Hotel Jambuluwuk Oceano Toni (22), sebut Wiryawan, kobaran api berawal dari kamar hotel nomor 179. Seorang tamu melaporkan bahwa muncul kobaran api di kamar 179.

"Jadi ada tamu yang menginap di kamar 175 menginformasikan ke front office. Ada api di kamar 179. Karena atap kamar menggunakan alang-alang sehingga membuat penyebaran api semakin cepat dari kamar itu," terang Wiryawan.

Wiryawan mengatakan, petugas bersama warga membantu tamu yang menginap di hotel menyelamatkan barang-barang untuk dibawa ke pesisir pantai.

"Jadi saat kebakaran terjadi ada 22 kamar hotel terisi. Semua tamu juga sempat menyelamatkan diri ke pesisir pantai," katanya.



Simak Video "Ganasnya Si Jago Merah Lahap 40 Kamar Hotel di Gili Trawangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA