Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 13:28 WIB

TRAVEL NEWS

Nekat Makan Bayi Hiu Putih, Vlogger Ini Dipenjara 5 Tahun

Putu Intan
detikTravel
Selebgram Cantik Ini Dikecam Usai Makan Bayi Hiu Putih yang Terancam Punah
Foto: NextShark
Beijing -

Vlogger asal China dijatuhi hukuman penjara 5 tahun usai menyantap seekor hiu putih. Satwa itu merupakan ikan langka yang dilindungi.

Seorang food vlogger ternama asal China, Tizi, harus menanggung risiko perbuatannya yang melanggar hukum. Tizi masuk ke dalam jeruji besi dan membayar denda karena terbukti bersalah membeli satwa liar langka dan terancam punah secara ilegal.

Dilansir dari The Sun, Selasa (2/8/2022) pengacara Chang Yachun memaparkan, Tizi menerima hukuman yang lebih ringan dari tuntutan maksimal. Bila kejahatan yang ia lakukan sangat serius, Tizi dapat dipenjara selama 10 tahun dan denda berupa penyitaan properti.

Sementara itu, bukan cuma Tizi yang dihukum atas perbuatan kriminalnya. Menurut laporan, beberapa orang yang diduga memperoleh hiu dari Provinsi Fujian, China timur juga telah ditahan.

Otoritas China semakin berupaya menindak perdagangan hewan yang melanggar hukum, baik untuk tujuan diolah sebagai makanan maupun obat-obatan.

"Kita harus menindak keras perburuan dan perdagangan ilegal satwa liar yang terancam punah dan menghilangkan rantai kriminal," katanya.

Di sisi lain, banyak vlogger yang menghalalkan segala cara demi menarik perhatian publik. Tak cuma Tizi, banyak juga vlogger yang melakukan hal ekstrem. Hanya saja, mereka perlu memperhatikan konsekuensi hukum sebelum bertindak.

Video Tizi ketika menyantap bayi ikan hiu viral di media sosial pada bulan Juli. Sebelum dikonsumsi, ia bahkan sempat membandingkan ukuran bayi ikan hiu putih dengan dirinya.

Kemudian Tizi memanggang bagian perut sampai ekor hiu tersebut. Tanpa ragu, ia mencicipi daging hiu dan mengatakan bahwa itu enak. Sementara itu, sisa dari daging hiu putih ia olah menjadi sup.

Menurut International Union for Conservation of Nature, hiu putih merupakan salah satu jenis hiu yang terancam punah. Hiu putih memiliki posisi penting dalam rantai makanan yaitu sebagai predator.

Tizi sempat mengklaim bahwa hiu yang ia makan dibeli dari peternakan, bukan hasil buruan. Akan tetapi warganet tidak semudah itu dibohongi. Sampai akhirnya kasus ini diselidiki kepolisian dan Tizi dijatuhi hukuman penjara.

Akan tetapi warganet tidak semudah itu dibohongi. Sampai akhirnya kasus ini diselidiki kepolisian dan Tizi dijatuhi hukuman penjara.



Simak Video "Penampakan Dua Hiu Tutul Mati di Pantai Wonocaki Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA