Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Berapa Ekor Komodo yang Tersisa di Pulau Komodo?

Taman Nasional Komodo
Foto: Ilustrasi Komodo (Yohanes Budiono/d'Traveler)
Loh Liang -

Pemprov NTT, KLHK dan Taman Nasional Komodo resmi menetapkan biaya kontribusi Rp 3,75 juta dengan alasan konservasi. Berapa ekor Komodo sih yang ada di alam?

Komodo adalah satwa endemik asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di pulau Komodo, Rinca dan sekitarnya. Hewan ini sangat langka karena hanya bisa dijumpai secara liar di sana, tidak ada di tempat lain di dunia.

Namun, perubahan iklim dan eksploitasi besar-besaran oleh manusia, menjadi ancaman kepunahan bagi spesies Komodo. Dengan alasan menyelamatkan Komodo dari kepunahan, pemerintah pun menetapkan biaya kontribusi untuk konservasi sebesar Rp 3.750.000 per pengunjung yang ingin melihat Komodo di Pulau Komodo.

Berapakah jumlah Komodo yang tersisa di alam?

Haryono Abdullah, naturalist guide, yang menemani kami menjelajahi Pulau Komodo, menyebut saat ini ada kurang lebih 1.700-an ekor Komodo yang ada di pulau tersebut. Di Pulau Rinca jumlahnya juga kurang lebih sama.

"Sampai saat ini, ada sekitar 1.700-an ekor. Tapi itu fluktuatif ya, bisa naik, bisa turun," kata Pak Yono, sapaan akrabnya.

Faktor naik-turunnya populasi Komodo dipengaruhi oleh banyak hal. Utamanya adalah pakan. Apabila pakan Komodo seperti rusa dan babi hutan populasinya berkurang, maka populasi Komodo juga akan ikut berkurang.

Faktor selanjutnya adalah cuaca. Cuaca berperan penting dalam proses penetasan telur Komodo. Jika cuaca terlalu panas, telur Komodo tidak akan menetas. Tingkat kesuksesan menetasnya telur Komodo sampai saat ini hanya 50% saja.

Itu berarti, dari 15-30 telur yang dihasilkan Komodo betina, yang sukses menetas hanya setengahnya. Pun demikian ketika sudah menetas, biasanya yang bisa tumbuh jadi Komodo dewasa hanya setengahnya saja.

Dari jumlah 1.700-an ekor itu, menurut Pak Yono, komposisi antara jantan-betina juga tidak imbang. Saat ini, perbandingan antara jantan dan betina di pulau Komodo adalah 3:1.

Itu artinya, untuk 1 betina akan diperebutkan oleh 3 pejantan. Kompetisi untuk kawin jadi makin ketat. Hal itu juga jadi faktor mengapa populasi Komodo bisa menurun.



Simak Video "Tiket Rp 3,75 Juta Hanya Berlaku untuk Treking ke Pulau Komodo dan Padar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA