Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Pendaki, Tak Ada Larangan Kibarkan Bendera di Puncak Lawu, tapi...

Sugeng Harianto
detikTravel
warga bojonegoro mendaki di gunung lawu
IIlustrasi mendaki Gunung Lawu (: Istimewa)
Jakarta -

Momen peringatan HUT RI 17 Agustus biasanya banyak dimanfaatkan pendaki untuk menggelar kegiatan pengibaran bendera di puncak gunung. Tak terkecuali di Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Perhutani KPH Lawu Ds mempersilahkan pendaki untuk menggelar kegiatan tersebut. Namun, pendaki diingatkan untuk mempersiapkan diri dan menaati peraturan yang ada.

"Untuk momen peringatan HUT RI pengibaran bendera merah putih 17 Agustus kita minta pendaki untuk menaati peraturan," ujar Wakil Administratur Perhutani KPH Lawu Ds, Yudiono saat dikonfirmasi detikJatim, Selasa (9/8/2022).

Pendakian ke puncak Gunung Lawu dari Jatim, kata Yudiono, ada tiga pintu. Sedangkan pintu paling ramai yakni di Cemoro Sewu, Magetan. Sedangkan dua pintu lain yakni jalur Desa Singolangu Magetan dan satu lagi dari Jogorogo Ngawi.

"Kita ada tiga pintu masuk jalur pendakian, yang paling ramai Cemoro Sewu dan satu lagi di Magetan di Desa Singolangu. Untuk Ngawi ada satu dari Jogorogo," kata Yudiono.

Pendakian Gunung LawuPendakian Gunung Lawu Foto: Sri Wahyuni/d'traveler

Yudiono memastikan tetap akan memberlakukan pembatasan pendaki selama kegiatan pengibaran bendera. Namun terkait pembatasan jumlah pendaki pihaknya masih berkoordinasi dengan Perhutani Karanganyar serta Polisi dan TNI.

"Untuk pembatasan tentu ada tapi saat ini kita masih koordinasi dengan Polri-TNI dan juga BPBD instansi pemerintah," jelas Yudiono.

Menurut Yudiono, bagi pendaki yang tak bisa mengikuti kegiatan pengibaran di gunung, pihaknya juga mengadakan di pos pintu masuk setempat.

"Kita nanti juga mengadakan upacara HUT RI 17 Agustus di area pintu masuk pendakian via Cemoro Sewu. Lokasinya juga luas," ungkapnya.

Selain di pos pintu masuk Puncak Gunung Lawu di Cemoro Sewu, lanjut Yudiono, pihaknya juga akan menggelar upacara pengibaran bendera di puncak Gunung Kuwik di Kecamatan Bungkal Ponorogo.

"Kita mau adakan juga upacara HUT RI 17 Agustus di puncak Gunung Kuwik di hutan Gajah Bungkal Ponorogo," papar Yudiono.

Terakhir, Yudiono berpesan kepada para pendaki saat di atas untuk membawa kembali sampah mereka. Sebab hal ini merupakan aturan utama bagi seluruh pendaki.

'Tetap selalu kita imbau untuk pendaki wajib membawa turun sampah dari bekas bungkus makanan yang dibawa," tandasnya.

Gunung Lawu sendiri kerap menjadi jujukan para pendakian. Terutama pada momen malam Suro atau Menjelang HUT RI. Para pendaki biasanya berbondong-bondong mendaki demi momen tersebut.

---

Artikel ini telah tayang di detikJatim.



Simak Video "Menikmati Sensasi Hangat Kopi Khas Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA