Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 19:14 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Beda Pangkas Rambut Asgar Garut dengan yang Lain?

Garut -

Pangkas rambut Asgar dari Garut memang menjamur di kawasan ibu kota Jakarta. Lalu apa perbedaannya dengan pangkas rambut yang lain?

Kata Ketua Asgar Indonesia, Irawan Hidayah pada tim detikcom awal Agustus 2022 lalu, sebaran pangkas rambut Garut dari Jawa Barat sampai Banten. Sedang Jawa Tengah sampai ke timur kebanyakan dari Madura.

"Sebenarnya tidak ada hal identik apakah ini pangkas model ini dari Garut sedang yang itu dari daerah lain. Karena model rambut itu kan universal ya dan seluruh dunia menggunakan," kata Irawan pada awal Agustus 2022 lalu.

"Yang membedakan adalah teknik, bagaimana cara mencukur. Di antara salah satu pembeda adalah pemangkas rambut Asgar dan tidak ditemukan di tempat lain adalah pasti akan memijit setelah selesai memotong rambutnya," imbuh dia.

Saat di lokasi pelatihan Barber School Abah Atrox, kami sempat mencoba langsung memangkas rambut. Memang, pada saat selesai kami diberi servis pijatan di kepala dan pundak selama lima menit.

Pangkas rambut identik dengan Garut

Pangkas rambut di sekitar Jakarta identik dengan pelakunya yang berasal dari Garut. Mereka disebut pula Asgar atau asli Garut. Kenapa demikian?

Tim detikcom melakukan penelusuran selama beberapa hari di Garut untuk menemukan jawabannya. Jejak sejarah yang ditemukan oleh Ketua Asgar Indonesia, Irawan Hidayah, bahwa aktivitas pangkas rambut komersial sudah ada sejak zaman penjajahan.

"Kebetulan saya sedang menulis buku sejarang pangkas rambut Asgar. Yang saya sudah survei, saya sudah berkeliling ke berbagai daerah di Garut," katanya pada tim detikcom pada awal Agustus 2022 lalu.

"Penelitian saya ini ingin tahu di mana sih dan siapa yang pertama memiliki pekerjaan sebagai pemangkas rambut, hasilnya di dapat temuan 1930 seorang seniman rambut dari Desa Bagendit," terang dia.

"Beliau dulu bekerja di Belanda menjadi pencukurnya menir-menir Belanda. Setelah itu dia mengajarkan ilmu mencukur ke saudara-saudara sampai ke teman sekampungnya dan mulailah menyebar ke Jakarta setelah bisa ke sini," terang dia lagi.

Irawan menjabarkan bahwa pangkas rambut Garut atau Asgar pertama kali beroperasi dengan berkeliling. Dikatakannya bahwa pangkas rambut modern di Jakarta mulai beroperasi pada tahun 50-an.

"Cara pertama senior-senior kita melakukan pekerjaan pangkas rambut ini dengan berkeliling ke berbagai kampung. Ada juga yang mangkal di bawah pohon rindang di pinggir jalan," kata dia.

"Seperti itu prosesnya sebelum masuk ke toko pangkas rambut. Itu setelah mereka siap dan merasa bisa," terang dia.

"Di Jakarta sendiri pangkas rambut Asgar dimulai dari tahun 1950 di Mayestik. Setelah itu semakin banyak orang berminat dan makin berkembang pula ilmu cukur akhirnya menyebar sampai ke luar Garut," jelas Irawan.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA